Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

GIIAS 2019

UD Trucks Siapkan Teknologi Masa Depan untuk Bisnis Logistik

Logistik adalah jantung kehidupan masyarakat. UD Trucks memiliki visi teknologi otomatisasi pada truk di 2030.

UD Trucks Siapkan Teknologi Masa Depan untuk Bisnis Logistik
IST
Kishi Nobuhito, VP Key Account Management, Technology UD Trucks Japan saat menyampaikan presentasi inovasi teknologi cerdas UD Trucks di hari ke-8 GIIAS 2019, Kamis (25/7/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG -  UD Trucks memperkenalkan teknologi masa depan di dunia truk untuk mendukung bisnis logistik yang kelak akan menghadapi beragam tantangan.

Teknologi cerdas ini diperkenalkan di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 melalui presentasi singkat yang dipaparkan oleh Kishi Nobuhito, VP Key Account Management, Technology UD Trucks Japan dan Valery Muyard, Presiden Direktur UD Trucks Indonesia di hari ke-8 GIIAS 2019, Kamis (25/7/2019). 

Dalam paparannya, Kishi Nobuhito menjelaskan, masyarakat seperti di Jepang dan di Indonesia akan mengadapi beragam tantangan di masa depan. Setelah tahun 2030, satu dari tiga rumah di Jepang akan kosong pada 2033 karena warga usia produktif yang semakin menua dan 26 persen karbon harus diturunkan.

Dia menyebutkan, tahun 2030 nanti, satu dari empat orang di Tokyo akan memasuki usia lebih dari 65 tahun, dan 6% dari jumlah penduduk Indonesia akan lebih dari 65 tahun di tahun 2025. Di tahun 2033, dimana satu dari tiga rumah akan kosong, dan 5,5 triliun yen diperlukan untuk menjaga infrastruktur publik, yang membutuhkan biaya besar hingga  Rp 100 triliun bagi Indonesia.

Tantangan lainnya adalah pasokan pemgemudi berketerampilan semakin langka, sementara kebutuhan pengiriman barang meningkat.

Dilatarbelakangi hal tersebut, UD Trucks menyusun FUin dan Raijin, Visi 2030. untuk memberikan berbagai solusi untuk logistik cerdas terutama pada truk yang sepenuhnya listrik dan otonom menuju tahun 2030.

Roadmap inovasi dibuat dengan mengambil pendekatan bersama pelanggan untuk menawarkan solusi komersial untuk aplikasi otomasi dan elektromobilitas terpilih dari tahun 2020, dengan pandangan menuju komersialisasi penuh pada tahun 2030.

Valery Muyard3
Kishi Nobuhito, VP Key Account Management, Technology UD Trucks Japan (kanan) dan Presiden Direktur UD Trucks Indonesia Valery Muyard di booth UD Trucks Udi hari ke-8 GIIAS 2019, Kamis (25/7/2019).

Dia menegaskan, inovasi transformatif dalam otomatisasi dan elektromobilitas adalah solusi untuk tantangan dalam dunia logistik dengan memberikan solusi kepada pelanggan berupa truk yang memenuhi kebutuhan para pelanggan.

“Sejak 1935, dengan visi kami - untuk membuat truk yang dibutuhkan dunia saat ini, UD Trucks telah menjadi unggulan dalam industri dengan teknologi yang memimpin pasar komersil termasuk adanya "sistem urea SCR" pertama di dunia dan truk 10 ton pertama Jepang, 6TW," ungkap Keishi.

Dia menyebutkan, Society 5.0: merupakan kombinasi Logistics, Big data, artificial intelligence, Automation dan sharing economy.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas