Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Permintaan Mobil Bekas di OLX Melonjak Lebih dari 10 Persen Seminggu Setelah Lebaran

Trafik terpantau naik sekitar 20 persen. Sementara penawaran dan permintaan mobil bekas meningkat sampai dengan hampir 2x kali lipat.

Permintaan Mobil Bekas di OLX Melonjak Lebih dari 10 Persen Seminggu Setelah Lebaran
IST
Halaman jual-beli mobil bekas di OLX Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - OLX Indonesia membukukan tren kenaikan jual beli mobil bekas selama pandemi Covid-19.

Direktur Marketing OLX Indonesia, Ichmeralda Rachman mengatakan, permintaan pada keseluruhan kategori berdasar data internal menunjukkan adanya peningkatan pada total permintaan seluruh kategori di OLX sebesar lebih dari 10 persen pada minggu kedua Ramadan 2020, jika dibandingkan dengan data pada minggu pertama Ramadan 2020.

Sementara data total permintaan di seluruh kategori di OLX untuk periode yang sama tahun lalu tidak memperlihatkan adanya perubahan yang signifikan. 

"Data kami juga menunjukkan adanya tren peningkatan data pasca Ramadan 2020 untuk semua kategori di OLX, termasuk untuk kategori mobil," ungkap  Ichmeralda Rachman dalam wawancara dengan Tribunnews via email, baru-baru ini.

Ichmeralda Rachman menjelaskan, untuk peningkatan pada kategori mobil, data di akhir bulan Mei 2020 juga menunjukkan adanya peningkatan dibandingkan data seminggu sebelumnya.

Baca: Cari City Car? Mitsubishi Mirage Seken Harganya Cuma Rp 70 Jutaan

Secara rinci dia menyebutkan, trafik terpantau naik sekitar 20 persen. Sementara penawaran dan permintaan mobil bekas meningkat sampai dengan hampir 2x kali lipat.

"Secara umum terjadi peningkatan permintaan pada keseluruhan kategori di platform OLX seminggu setelah Lebaran sebesar lebih dari 10 persen dibandingkan dengan masa pre-Covid-19.

Baca: Jaringan Diler Renault Andalan Mulai Kirim MPV Triber ke Konsumen

Yakni, antara pertengahan Februari hingga pertengahan Maret 2020.

"Tren peningkatan yang ditunjukkan data kami ini memperlihatkan mulai adanya pergerakan perekonomian di masyarakat, yang kami harapkan bisa menjadi indikasi positif mulai pulihnya perekonomian," sebutnya.

Baca: Avanza Bekas Produksi 2017-2018 Ditawarkan dengan Harga Mulai Rp 135 Jutaan

Dia juga memaparkan, situasi pandemi saat ini memang sangat berpengaruh kepada semua industri, tidak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia.

"Meski demikian, masa Ramadan kemarin sebenarnya cukup membawa pencerahan dengan dimulainya tren peningkatan pada data kami hampir di seluruh kategori di platform kami," jelasnya.

"Masa pandemi ini memang memberikan pukulan yang cukup berat untuk semua industri. Perekonomian jelas mengalami penurunan signifikan di masa pandemi ini, bila dibandingkan dengan masa sebelum kasus Covid-19 pertama diumumkan di Indonesia," bebernya.

Secara keseluruhan memang terjadi penurunan permintaan (pencarian) dan penawaran (listing) mobil bekas pada platform OLX, di minggu pertama bulan Ramadan dibandingkan masa sebelum kasus Covid-19 ditemukan di Indonesia. 

Pada periode yang sama, penurunan jumlah listing dan permintaan mobil terjadi konsisten pada segmen B2C (business-to-consumer) dimana dealer berperan langsung sebagai penjual maupun segmen C2C (consumer-to-consumer).

"Penurunan pada segmen B2C dari sisi jumlah listing lebih besar dibandingkan dari segmen C2C," sebutnya.

Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas