Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Saat Indikator BBM di Posisi E, Segini Isi Bahan Bakar Mobil

Setiap kendaraan, umumnya memiliki reservoir (Res) yang merupakan bahan bakar minyak (BBM) cadangan yang terdapat di dalam tangki

Saat Indikator BBM di Posisi E, Segini Isi Bahan Bakar Mobil
IST
Indikator bensin pada kendaraan saat menunjuk ke posisi E.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Sebagian pemilik kendaraan pribadi suka menunda-nunda ketika mobil sudah waktunya isi bensin.

Biasanya, alasannya adalah malas untuk mengantre jika pom bensin sedang penuh. 

Banyak yang tidak sadar bahwa sisa bensin sudah tersisa satu bar atau jarum pada fuel meter sudah menyentuh indikator E alias empty (kosong).

Dalam kondisi tersebut, lampu indikator bensin akan menyala. 

Setiap kendaraan, umumnya memiliki reservoir (Res) yang merupakan bahan bakar minyak (BBM) cadangan yang terdapat di dalam tangki.

Dengan cadangan bahan bakar tersebut, mobil bisa melaju meski lampu indikator bensin menyala. 

Baca: Bayu Disiram BBM Hingga Nyaris Dibakar, Tembakan Peringatan Polisi Bubarkan Kericuhan

“Rata-rata mobil memiliki kapasitas tangki 40 sampai 45 liter. Jika pada kondisi sudah di E, mobil masih bisa bergerak kurang lebih 30 kilometer sampai 60 kilometer, karena ada cadangan sekitar 3 liter sampai 6 liter,” ujar Bambang Supriadi, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kepada Kompas.com. 

Menurut Bambang, jarak tersebut dapat pengendara tempuh dengan catatan kondisi jalan lancar dan tidak macet. Selain itu, beban kendaraan yang terlalu berat juga akan memengaruhi jarak tempuh. 

"Sebaiknya kondisi ini dihindari. Karena jika pengendara terlalu sering menjalankan mobilnya dengan keadaan indikator BBM di E, maka akan besar potensi kerusakan pada kendaraan," kata Bambang. 

Baca: Pengamat: Saatnya Warga Jakarta Gunakan BBM Standar Euro 4

Baca Juga: Harga mobil bekas LCGC kini murah, dengan Rp 75 juta dapat Honda Brio Satya

Bambang menjelaskan, kondisi tangki yang kosong akan menyebabkan terjadi kondensasi atau pengembunan. Sehingga, bensin akan bercampur dengan air dan dapat menyebabkan mogok. 

Riecky Patrayudha, Service Dept. Head 2W, 4W, and Marine PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), menambahkan, jauhnya jarak yang dapat mobil tempuh tergantung dari bagaimana cara berkendara dari masing-masing pengemudi. 

"Tergantung kaki kanan alias cara berkendaranya. Untuk kapasitas bensin yang ada di Res, masing-masing mobil bisa berbeda. Di All New Ertiga sekitar 5 liter," ujar Riecky. (Kompas.com/Donny Dwisatryo Priyantoro)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lampu Indikator Bensin Menyala, Sisa Berapa Liter di Tangki?"

Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Kontan
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas