Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Jalan Tol Manado-Bitung Perpendek Waktu Tempuh dari 45 Menjadi 20 Menit

Kehadiran jalan tol Manado Bitung mengurangi biaya transportasi yang cukup tinggi yang harus dikeluarkan masyarakat Sulut

Jalan Tol Manado-Bitung Perpendek Waktu Tempuh dari 45 Menjadi 20 Menit
Jasamarga Manado Bitung
Jalan tol Manado-Bitung. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kehadiran jalan tol Manado-Bitung di Provinsi Sulawesi Utara akan mampu memperpendek waktu tempuh masyarakat dari Kota Manado menuju Bitung dan sebaliknya dari biasanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit menjadi hanya 20 menit.

George IMP Manurung, Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) dalam konferensi pers dengan media tentang penerapan tarif tol Manado-Bitung mulai 30 Oktober 2020 melalui aplikasi Zoom, Senin (26/10/2020) mengatakan, sambutan masyarakat terhadap beroperasinya ruas jalan tol ini cukup bagus.

"Ini adalah jalan tol pertama di Sulawesi Utara dan sambutan masyarakat cukup mengggembirakan. Biasanya waktu tempuh 45 menit, sekarang menjadi 20 menit," ujarnya.

Baca juga: Efektif Mulai 30 Oktober 2020 Pukul 00.00 WITA, Ruas Tol Manado-Danowudu Diberlakukan Tarif

George menambahkan, kehadiran jalan tol ini mengurangi biaya transportasi yang cukup tinggi yang harus dikeluarkan masyarakat Sulut dari Manado yang akan bepergian ke Bitung dan sebaliknya.

"Kita sudah menggunakan kartu pembayaran elektronik untuk akses keluar masuk pintu tol Manado-Bitung ini," ujarnya.

Sejak tahap sosialisasi, pihaknya telah menjual sebanyak 21.000 kartu eletronik. "Kartu elektronik ini mendorong masyarakat Sulut untuk terbiasa cashless, terutama untuk mengatasi keruwetan untuk uang kembalian. Upaya ini mendapat dukungan kuat dari Bank Indonesia Sulut," beber George.

Baca juga: Menteri PUPR: Tol Manado-Bitung Bantu Kembangkan Kawasan Ekonomi Khusus

Tentang pengenaan tarif, George menyatakan, pihaknya akan mulai memberlakukan pada 30 Oktober pukul 00.00 WITA atau tengah malam peralihan hari dari tanggal 29 ke 30 Oktober 2020.

Tarif jalan tol Manado-Bitung
Tarif jalan tol Manado-Bitung

"Truk sumbu 2 dan 3 tarifnya 1.5 kali dari kendaraan golongan 1. Kendaraan golongan 4 dan 5 tarifnya 2x dari tarif golongan 1," bebernya.

"Jalan tol ini harus bertarif untuk membiayai perawatan sesuai standar minimal layanan jalan tol dari Pemerintah," imbuhnya.

Untuk mendukung operasional layanan jalan tol, pihak PT JMB sudah menyiagakan beberapa unit kendaraan patroli, ambulans, 2 kendaraan PCR, 3 unit mobil derek.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas