Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

Bus Midi Hino FC 190 PS Ini Disulap Jadi Mobile PCR Lab Buat Ngetes yang Terpapar Covid-19

Bus berukuran midi dengan panjang sekitar 9,2 meter ini menggunakan basis sasis Hino FC bermesin depan bertenaga 190 PS.

Bus Midi Hino FC 190 PS Ini Disulap Jadi Mobile PCR Lab Buat Ngetes yang Terpapar Covid-19
dok. HMSI
Bus midi Hino FC aplikasi Mobile PCR Lab. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hino Indonesia memamerkan bus buatannya yang disulap menjadi mobile PCR lab alias bus berjalan untuk keperluan tes PCR dalam rangka memerangi pandemi Covid-19.

Bus berukuran midi dengan panjang sekitar 9,2 meter ini menggunakan basis sasis Hino FC bermesin depan bertenaga 190 PS. Bodi kabinnya digarap oleh Karoseri Laksana model Tourista.

Kabinnya dirancang sebagai Bio Labratorium – Mobile PCR Lab yang didesain khusus mengikuti standar Biosafety Laboratory Level (BSL) II.

Bio Lab Bus didesain secara rinci dengan memperhatikan aspek keselamatan tenaga medis yang akan bekerja di dalamnya dan juga alur kerja beserta pembagian ruangan yang ditujukan untuk  meminimalisir potensi kontaminasi terhadap sample.

Bio Lab bus menerapkan jalur masuk dan keluar terpisah, dan di desain dengan ruangan laboratorium yang juga terpisah.

Memasuki ruang kabinnya kita akan mendapati changing room untuk kebutuhan persiapan petugas mengenakan APD, setelah itu masuk ke anteroom, extraction room untuk analisis sampel pasien suspek Covid-19, serta PCR room untuk melakukan analisis real time PCR.

Sirkulasi udara di dalam kabin bus ini menggunakan Hepa Filter untuk menghasilkan tekanan negative menghasilkan udara lebih bersih.

Baca juga: Hino Pamerkan Bus Sumber Alam dengan Kabin Berteknologi Bebas Virus Covid-19

Material dan peralatan-peralatan telah menggunakan standard laboratorium.

Secara keseluruhan, Bio Lab Bus ini telah dilengkapi teknologi yang memadai untuk operasional fasilitas kesehatan. Bus ini memiliki kapasitas untuk kebutuhan mendukung pekerjaan tenaga medis hingga 24 jam, dengan total jumlah analisis sampel  hingga 576 tes setiap harinya.

Hino juga meluncurkan microbus terbaru menggunakan basis Hino Dutro 110 PS bermesin 4.00 cc, yang diberi nama Hino Flexicab.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas