Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Tiga Mobil Daihatsu Ini Sudah Aplikasikan Platform DNGA, Diklaim Makin Efisien

DNGA merupakan singkatan dari Daihatsu New Global Architecture yang dikembangkan pabrikan ini sejak 2017 dengan konsep (1-1-1-1)

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Tiga Mobil Daihatsu Ini Sudah Aplikasikan Platform DNGA, Diklaim Makin Efisien
dok. adm
Daihatsu Rocky. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Daihatsu kini mengembangkan inovasi dengan mengaplikasikan platform DNGA pada mobil yang diproduksinya.

DNGA merupakan singkatan dari Daihatsu New Global Architecture yang dikembangkan pabrikan ini sejak 2017 dengan konsep (1-1-1-1), yakni filosofi 1 gram, 1 milimeter, 1 sen dan 1 detik.




Artinya, setiap pengembangan produk berbasis DNGA memperhitungkan segala aspek, hingga kepada titik terdetilnya, mulai ukuran, bobot, harga dan waktu agar menghasilkan kendaraan efisien.

Mobil dengan platform DNGA diklaim Daihatsu akan akan memberikan pengalaman dan sensasi berkendara berbeda.

Misalnya, mesin lebih halus dengan performa maksimal, lebih nyaman, lebih stabil, lebih irit BBM, lebih ramah lingkungan, desain stylish dan modern dan harga terjangkau.

Baca juga: Tak Lama Lagi, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Mengaspal di Tanah Air

Secara teknis, mobil dengan platform DNGA juga unggul dalam penerapan seluruh fitur teknologi canggih dan terkini. Platform ini menurut Daihatsu bisa diaplikasikan pada semua model Daihatsu apapun yang telah berbasis DNGA.

Baca juga: Suzuki Luncurkan Minor Change Beberapa Model Kendaraan Penumpang di Semester II 2021

BERITA TERKAIT

Platform ini juga memiliki waktu yang lebih cepat dalam proses pengembangan atau perubahan desain di setiap modelnya.

Di Jepang, Daihatsu telah meluncurkan tiga model barunya dengan platform DNGA dalam dua tahun terakhir, yakni New Tanto dan Rocky pada 2019, serta New Taft pada 2020.

New Tanto merupakan kendaraan Daihatsu pertama yang menerapkan platform DNGA dan diluncurkan pada Juli 2019.

Ini merupakan key car dengan mesin 660 cc dengan turbocharged, yang membuat performa mesinnya setara dengan mesin 1.000 cc, namun tetap irit BBM.

New Tanto dilengkapi teknologi Smart Assist generasi terbaru, yang dapat mendeteksi, mencegah dan meminimalisir resiko benturan kendaraan atau pejalan kaki dengan sistem pengereman darurat otomatis.

Rocky sebagai mobil compact SUV diluncurkan di Jepang pada November 2019 dan meraih penghargaan rating tertinggi bintang 5 dalam uji keselamatan kendaraan JNCAP (Japan New Car Assessment Program) oleh Kementerian Transportasi Jepang dan NASVA (National Agency for Automotive Safety and Victims Aid).

TAFT dengan akronim Tough and Almighty Fun Tool, menjadi mobil ketiga yang menerapkan platform DNGA dan diluncurkan pada Juni 2020. TAFT didesain sebagai mobil mini crossover dengan glass roof.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas