Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Kupas Tuntas Ragam Teknologi Digital Cerdas di Wuling Almaz RS, dari IoV Sampai ADAS

SUV 7-seater ini boleh disebut sebagai SUV digital cerdas karena mengusung serangkaian teknologi berkendara yang terdepan di kelasnya

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Kupas Tuntas Ragam Teknologi Digital Cerdas di Wuling Almaz RS, dari IoV Sampai ADAS
dok.
Wuling Almaz RS 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wuling Motors resmi meluncurkan SUV Wuling Almaz RS untuk pasar Indonesia melalui prosesi peluncuran yang digelar di ICE BSD City, Tangerang, Senin (29/3/2021).

SUV 7-seater ini boleh disebut sebagai SUV digital cerdas karena mengusung serangkaian teknologi berkendara yang terdepan di kelasnya, yakni Internet of Vehicle (IoV), Advanced Driver Assistance System (ADAS).

SUV ini juga didukung perintah suara canggih berbahasa Indonesia pertama, Wuling Indonesian Command (WIND).

Ragam teknologi tersebut memungkinkan terwujudnya ekosistem cerdas yang saling terhubung antara Almaz RS dan penggunanya: Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE)

Komponen utama pada WISE adalah Internet of Vehicle (IoV) untuk menghubungkan pengguna dengan kendaraan melalui aplikasi MyWuling+ serta head unit.

Vlogger Captain Vincent Raditya memamerkan fitur canggih di Wuling Almaz RS.
Vlogger Captain Vincent Raditya memamerkan fitur teknologi digital cerdas yang terhubung ke smartphone di Wuling Almaz RS. (Instagram)

Berbagai fitur yang bisa dikendalikan dengan aplikasi MyWuling+ terdiri dari Vehicle Positioning, Vehicle Remote Control, Geo-Fencing Security hingga Bluetooth Key.

Pengguna Almaz RS juga dapat mengakses Online Navigation, Online Music, dan Internet Messaging App melalui head unit yang didukung perintah suara berbahasa Indonesia, Wuling Indonesian Command (WIND).

BERITA TERKAIT

Suhendri Laiman, Product Planning Wuling Motors mengatakan, inovasi IoV pada Almaz RS memungkinkan pengguna mengetahui lokasi kendaraannya melalui MyWuling+ sehingga memunculkan rasa aman.

Fitur Wuling Indonesian Command (WIND) di Wuling Almaz RS.
Fitur Wuling Indonesian Command (WIND) di Wuling Almaz RS. (TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN)

"Pengguna Almaz RS juga dapat dengan mudah memberikan perintah suara untuk mengakses fasilitas navigasi, musik, serta berkirim pesan,” ujar Suhendri Laiman.

Fitur berikutnya, Advanced Driver Assistance System (ADAS), terbagi dalam empat kategori. Kategori pertama adalah Adaptive Cruise.

Rinciannya adalah Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), dan Intelligent Cruise Assistance (ICA).

Baca juga: Harga Almaz RS Dibanderol Mulai dari Rp 350,3 Juta On The Road DKI Jakarta Termasuk Subsidi PPnBM

Kategori selanjutnya ialah Lane Recognition yang didukung Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA).

Lalu, kategori ketiga, Safe Distance & Braking Assistance yang dibekali Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS).

Baca juga: Pilot dan Vlogger Captain Vincent Raditya Jadi Pembeli Pertama Wuling Almaz RS

Pada  kategori terakhir adalah Automatic Light, diakomodasi melalui Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas