Tribun Otomotif

Grup APRIL Beli 2 Bus Listrik 12 Meter dari MAB, Langsung Diboyong ke Pangkalan Kerinci

Grup APRIL telah membangun charging station untuk pengisian daya bus listrik dan akan segera dilakukan uji coba dalam beberapa hari ke depan.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Grup APRIL Beli 2 Bus Listrik 12 Meter dari MAB, Langsung Diboyong ke Pangkalan Kerinci
dok. Grup APRIL
Bus listrik tipe MD 12E NF buatan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) yang dibeli Grup APRIL dan selanjutnya dioperasikan di Pangkalan Kerinci, Riau. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Semakin banyak saja sektor swasta yang mengoperasikan bus listril full EV untuk kebutuhan operasional harian sekaligus mendukung upaya mengakselerasi ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. 

Terbaru adalah terobosan yang dibuat perusahaan perkebunan, Grup APRIL. Perusahaan ini menggandeng PT Mobil Anak Bangsa (MAB), untuk memasok dua unit bus listrik (electric bus) untuk menunjang kegiatan operasional perusahaan.

Tipe bus listrik MAB yang dioperasikan adalah MD 12E NF.

Serah terima bus listrik tersebut dilakukan secara simbolis dengan penyerahan kunci bus dilakukan oleh founder PT MAB, Jenderal (Purn.) Moeldoko kepada Sihol Aritonang, Direktur Utama PT Riau Andalan Pulp and Paper (unit operasi Grup APRIL) di kantor PT MAB, Selasa (31/08/2021).

Sihol mengatakan, pembelian bus listrik tersebut ditujukan untuk menunjang kegiatan mobilitas karyawan di pabrik yang berlokasi di Pangkalan Kerinci, Riau.

Bus listrik MAB1
Founder PT MAB, Jenderal (Purn.) Moeldoko (kanan) berbincang dengan Sihol Aritonang, Direktur Utama PT Riau Andalan Pulp and Paper di acara serah terima simbolis 2 unit bus listrik MD 12E NF buatan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) di kantor PT MAB, Selasa (31/08/2021).

Pembelian bus ini sekaligus sejalan dengan komitmen perusahaan dalam visi “APRIL2030” untuk memberikan dampak positif bagi iklim, alam dan masyarakat dalam satu dekade mendatang.

“Adalah sebuah kebanggaan bagi kami bahwa akan segera hadir bus listrik pertama di Provinsi Riau," ujarnya.

"Pengoperasian bus listrik ini sekaligus mendukung target pemerintah dalam mengurangi emisi di dalam negeri. Apalagi bus listrik ini adalah karya anak bangsa dan akan digunakan untuk kemajuan perusahaan Indonesia,” ujar Sihol.

APRIL selama ini dikenal sebagai produsen pulp dan kertas berkelanjutan yang berupaya mengoptimalkan pengunaan energi terbarukan dalam kegiatan operasionalnya.

Pembelian bus listrik dari MAB menjadi salah satu upaya APRIL dalam mengurangi pemakaian bahan bakar fosil dalam rangka mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Spesifikasi

Bus listrik MD 12-E NF (Normal Floor) memiliki dimensi panjang bodi 12 meter dan  dioperasikan dengan dukungan baterai LifePo berkapasitas 315,85 KWh.

Kemampuan charging baterai bus ini mencapai tiga jam untuk terisi penuh.

Bus listrik ini bertipe permanent magnet syhchronous motor, dengan kecepatan tempuh maksimal 110km/jam.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas