Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Motor Listrik BL SEV01 Tembus Rekor Touring Lintas Pulau Jakarta – Mandalika

BL-SEVO1 memecahkan rekor motor listrik pertama karya anak bangsa yang mampu melakukan perjalanan sejauh 1.340 km.  

Motor Listrik BL SEV01 Tembus Rekor Touring Lintas Pulau Jakarta – Mandalika
dok. UBL
BL-SEVO1 menembus rekor perjalanan darat sejauh 1.340 km Jakarta-Mandalika. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - Universitas Budi Luhur sukses melakukan test ride sepeda motor listrik buatan mereka, yakni Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) dengan rute Jakarta – Mandalika

BL-SEVO1 memecahkan rekor motor listrik pertama karya anak bangsa yang mampu melakukan perjalanan sejauh 1.340 km.

Kepala Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur Sujono, mengatakan touring Jakarta – Mandalika merupakan proses pembelajaran secara praktik bagi dosen dan mahasiswa Universitas Budi Luhur, khususnya Fakultas Teknik Elektro.

"Pengujian jarak jauh ini sangat dibutuhkan motor listrik BL-SEV01 untuk ketahanan baterai dan performa. Selama perjalanan, tim Universitas Budi Luhur mengambil data teknis dari BL-SEV01 terhadap kontur jalan di Indonesia yang beragam mulai dari jalanan rata, jalan rusak, sampai jalur pegunungan," jelas Sujono, Minggu (3/10/2021).

Baca juga: Sukses Uji Coba BL-SEV 01, Budi Luhur Siapkan Prototipe Sepeda Motor Listrik Versi Touring

 BL-SEV01 untuk perjalanan kali ini dilengkapi dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga maksimal mencapai 16 kW, didukung baterai 48 Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. 

Baca juga: Luhut Sambangi Pabrik Wuling di CIkarang, Sinyal Produksi Mobil Listrik Mini EV Menguat

Catatan resmi pihak Universitas Budi Luhur menunjukan BL-SEV01 bisa melaju hingga 140 kilometer untuk sekali pengisian baterai dengan waktu pengisian 4 jam.

"Tim manajemen touring motor listrik BL-SEV01 Jakarta – Mandalika membawa 3 set baterai yang masing–masing mampu menempuh 100–140 km sekali perjalanan. Agar mempermudah perjalanan dan menghemat waktu maka menerapkan sistem mengganti baterai dengan sistem swab. Rata–rata dalam satu hari menempuh perjalanan kurang lebih 300 kilometer dan perjalanan hanya dilakukan siang hari karena malam hari pengisian baterai di penginapan dan istirahat," jelas Sujono.

Baca juga: Sepeda Listrik Ini Bisa Tembus Kecepatan 25 Km/Jam, Inspirasinya dari Porsche 935

 
Pihak Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur memilih rute Jakarta – Mandalika karena Universitas Budi Luhur mendukung penuh keberadaan sirkuit baru Mandalika dengan standar untuk menggelar MotoGP ataupun WSBK.

Keberadaan Sirkuit Mandalika juga sejalan dengan konsep BL-SEV01 yang mengusung model sport dan sangat cocok untuk dikendarai di lintasan sirkuit. 

"BL-SEV01 telah melakukan uji coba di Sirkuit Internasional Sentul Bogor dengan top speed mencapai 140 kilometer per jam di lintasan lurus," imbuh Sujono.

Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti Kasih Hanggoro, mengucapkan syukur dan berterima kasih kepada tim yang sudah melancarkan uji coba perjalanan dari Jakarta menuju Mandalika

"Saya berharap touring motor listrik BL-SEV01 Jakarta – Mandalika bisa menjadi inspirasi masyarakat Indonesia khusus dosen dan mahasiswa bahwa kita mampu membuat kendaraan listrik," ungkap Kasih Hanggoro.

BL-SEV01 merupakan sepeda motor yang 100 persen digerakan menggunakan tenaga listrik sebagai sumber tenaganya, serta dikembangkan oleh civitas akademis Universitas Budi Luhur.

"Touring motor listrik BL-SEV01 Jakarta - Mandalika mendapatkan dukungan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Baik pengajar dan mahasiswa Universitas Budi Luhur mengembangkan motor listrik, baterai, dan modul yang digunakan di BL-SEV01," terang Rektor Universitas Budi Luhur Wendi Usino.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas