Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Bamsoet Sambut Motor Listrik BL-SEV01 yang Sukses Melakukan Perjalanan Sejauh 1.340 Km

Setelah berhasil menempuh jarak sekitar 1.340 km, BL-SEV01 kembali ke Jakarta dan disambut oleh Ketua Ikatan Motor Indonesia Pusat Bambang Soesatyo

Bamsoet Sambut Motor Listrik BL-SEV01 yang Sukses Melakukan Perjalanan Sejauh 1.340 Km
Tribunnews.com/Lita Febriani
Seremoni kembalinya sepeda motor listrik BL-SEV01 usai menjalani touring Jakarta-Mandalika, Universitas Budi Luhur, Jakarta Selatan, Selasa (12/10/2021).

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Universitas Budi Luhur sukses melakukan uji coba motor listrik Budi Luhur Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) dengan rute Jakarta-Mandalika.

Setelah berhasil menempuh jarak sekitar 1.340 km, BL-SEV01 kembali ke Jakarta dan disambut oleh Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat Bambang Soesatyo.

"Selamat kepada adik-adik sekalian, angkat topi saya dari IMI. IMI akan mensponsori motor listrik ini agar bisa diproduksi secara massal. Kita sudah punya motor listrik Gesits, tapi harganya masih mahal sekitar Rp 24 juta, kami sedang mendorong agar harganya menjadi lebih terjangkau. Kita tahu Indonesia sedang membangun pabrik baterai, semoga inu bisa menekan harga dari kendaraan listrik itu sendiri. Sekali lagi selamat untuk BL-SEV01," tutur Bamsoet saat acara penyambutan di Universitas Budi Luhur, Jakarta Selatan, Selasa (12/10/2021).

Dari hasil uji coba Jakarta-Mandalika, tim RnD Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur berhasil memberikan banyak data dan informasi baru.

Data-dara tersebut akan digunakan untuk menghadirkan kendaraan listrik yang jauh lebih bertenaga dengan jangkauan lebih jauh, serta daya tahan lebih baik di masa depan.

Kepala Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur Sujono, mengungkap perjalanan touring Jakarta - Mandalika kali ini bukan hanya sekadar ajang pembuktian bagi BL-SEV01 sebagai sebuah kendaraan listrik buatan dalam negeri yang tangguh, bertenaga, serta bisa digunakan di jalan raya dengan baik.

Baca juga: Motor Listrik BL SEV01 Tembus Rekor Touring Lintas Pulau Jakarta – Mandalika

"Kami juga membutuhkan data-data, informasi, serta pengalaman yang benar-benar bisa didapatkan dari lapangan secara langsung. Seluruh kejadian dan masukan yang ada selama perjalanan kami kumpulkan dan akan kami olah lebih jauh lagi, sehingga diharapkan kami bisa menghadirkan kendaraan listrik lainnya yang lebih tangguh, bertenaga dan memiliki daya tahan lebih baik dari kendaraan-kendaraan yang sudah kami kembangkan selama ini," ungkap Sujono.

Spesifikasi BL-SEV01 yang digunakan touring Jakarta - Mandalika ini dilengkapi dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga maksimal mencapai 16 kW, didukung baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere.

Catatan resmi pihak Universitas Budi Luhur menunjukan BL-SEV01 bisa melaju hingga 140 kilometer untuk sekali pengisian baterai dengan waktu pengisian 4 jam.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas