Tribun Otomotif

Terapkan Teknologi Terkini, Lintasan Sirkuit Mandalika Dapat Ditempuh Berkecepatan 310 Km Per Jam

PT PP (Persero) menerapkan inovasi dan teknologi terkini dalam pembangunan lintasan utama Sirkuit Mandalika sepanjang 4,31 kilometer

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hendra Gunawan
Terapkan Teknologi Terkini, Lintasan Sirkuit Mandalika Dapat Ditempuh Berkecepatan 310 Km Per Jam
KOMPAS.com/ M. Hafidz Imaduddin
Sirkuit Mandalika untuk MotoGP Mandalika 2021. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT PP (Persero) menerapkan inovasi dan teknologi terkini dalam pembangunan lintasan utama Sirkuit Mandalika sepanjang 4,31 kilometer (km) dengan 17 tikungan.

Direktur Utama PT PP Novel Arsyad mengatakan, proyek pembangunan Sirkuit Mandalika dikerjakan sejak Juli 2020 sampai dengan Agustus 2021 dan menjadi pembangunan lintasan sirkuit yang tercepat.

"Lintasan sirkuit yang dibangun PT PP, merupakan sirkuit MotoGP pertama di Indonesia yang memiliki hasil pengaspalan termulus, berkat teknologi yang digunakan dalam pembangunannya," kata Novel dalam keterangannya, Senin (18/10/2021).

Baca juga: Festival Kreatif Lokal 2021 Geliatkan Bisnis UKM Ekonomi Kreatif di Mandalika

Menurutnya, berkat inovasi serta teknologi yang digunakan dalam pembangunan, proyek Sirkuit Mandalika memperoleh tiga rekor penghargaan dari MURI.

"Yaitu, pengaspalan menggunakan teknologi BIM dengan volume terbanyak, pembangunan sirkuit pertama standar FIM, dan pembangunan lintasan sirkuit tercepat," paparnya.

Ia menyebut, perseroan dapat menyelesaikan pembangunan lintasan utama berstandar mutu dari Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM) dengan kategori sirkuit kelas A untuk dapat digunakan event grand prix.

Baca juga: Ajang MotoGP Mandalika Bakal Dongkrak Penjualan Produk Kerajinan Gerabah Khas Lombok

Untuk menjaga mutu, kata Novel, PT PP menggunakan dua paver dikendalikan secara otomatis berbasis automatic hydraulic controler, dengan alat yang bernama MMGPS untuk mencapai Elevasi dan Super Elevasi rencana yang presisi.

Perseroan pun menggunakan dua finisher agar tidak terjadi cold join sambungan memanjang, serta menerapkan campuran aspal khusus untuk digunakan pada sirkuit balap, yaitu Stone Mastic Asphalt (SMA).

Berkat inovasi dan teknologi yang digunakan dalam proses pengaspalan, lintasan utama Sirkuit Mandalika diklaim dapat ditempuh dengan kecepatan puncak hingga mencapai 310 kilometer per jam.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas