Tribun Otomotif

Tips Berkendara Motor di Musim Hujan

Fungsi lampu depan sepeda motor yang hidup saat musim hujan membantu pengendara melihat kondisi jalan dengan jelas saat hujan.

Editor: Choirul Arifin
Tips Berkendara Motor di Musim Hujan
dok. Yamaha Thamrin Brothers
Gaya berkendara saat hujan berbeda dengan gaya berkendara saat kondisi normal. Saat hujan resiko berkendara lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi normal. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Musim hujan membuat para pemilik sepeda motor harus beradaptasi dengan menyiapkan berbagai perlengkapan seperti jas hujan untuk mengantisipasi turun hujan saat sedang berkendara.

Selain itu, cara berkendara pun juga harus lebih hati-hati untuk mencegah risiko tergelincir karena permukaan jalan yang lebih licin akibat paparan hujan.

”Mengendarai sepeda motor saat hujan membuat pengguna motor perlu memperhatikan beberapa hal yang mendukung keselamatan berkendara bersama," ujar Wiranata P.Ilahi, Manager Promosi Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers area Sumatera Selatan – Bengkulu.

Wiranatha membagikan empat tips berkendara di cuaca hujan demi kelancaran perjalanan. Berikut rinciannya:

1. Persiapan diri

Sebelum keluar saat hujan, cek kondisi badan terlebih dahulu. Sebaiknya berkendara saat kondisi tubuh fit terutama saat musim hujan.

Baca juga: Tips Sunmori dengan Tunggangan Motor Matik

Karena kondisi tubuh yang tidak fit akan mempengaruhi fokus saat berkendara dan lebih mudah sakit akibat cuaca yang kurang mendukung.

2. Cek Lampu sepeda motor

Fungsi lampu depan sepeda motor yang hidup saat musim hujan membantu pengendara melihat kondisi jalan dengan jelas saat hujan.

Tidak hanya lampu depan yang menyala melainkan lampu belakang pun wajib untuk hidup, terutama saat lebatnya hujan yang turun.

Baca juga: Kenali Jenis-Jenis Helm dan Kegunaannnya, dari Full Face Sampai untuk Medan Offroad

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas