Tribun Otomotif

Enam Tips Berkendara Aman di Musim Hujan Ala V-Kool

Saat berkendara di musim hujan, pastikan ban mobil dalam keadaan normal termasuk tekanan udaranya.

Editor: Choirul Arifin
Enam Tips Berkendara Aman di Musim Hujan Ala V-Kool
dok.
Saat berkendara di musim hujan, pastikan ban mobil dalam keadaan normal termasuk tekanan udaranya. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Cuaca di Indonesia sudah mulai memasuki musim penghujan. Di musim penghujan, kondisi jalan yang basah dan licin membuat pengendara harus lebih berhati-hati saat berkendara.

Jeli melihat dan menganalisa kondisi jalan yang licin atau rusak diakibatkan drainase jalan kurang bagus, jadi kewajiban.

Jika Anda abai, bisa menjadi pemicu kecelakaan dan kendala tersendiri bagi pengendara lain.

Belum lagi situasi lalu lintas yang padat dan pandangan yang terhalang menjadi tantangan tersendiri yang harus diantisipasi.

Vice President PT VKOOL Indo Lestari, Linda Widjaja mengatakan, memasuki musim penghujan, jalanan menjadi rawan terjadi kecelakaan, terutama di kota-kota besar.

Misalnya insiden kecelakaan tunggal ataupun karena tabrakan dengan kendaraan lainnya.

"Jalan licin, jalan rusak ditambah lagi visibilitas yang tak baik dari dalam kabin, wajib diperhatikan selain kondisi teknis di kendaraan. Maka dari itu kita harus menyiapkan kondisi berkendara terbaik pada kendaraan kita sebelum berkendara di musim hujan," ujar Linda Widjaja, Rabu (3/11/2021).

Kaca mobil12
Saat berkendara di kondisi hujan lebat, visibilitas pengemudi ke arah depan biasanya berkurang drastis karena paparan air hujan.

Berikut cara aman mengendarai mobil saat hujan agar perjalanan Anda aman dan nyaman sampai tujuan.

1. Pastikan tekanan udara pada ban sesuai anjuran pabrikan

Pastikan ban mobil dalam keadaan normal termasuk tekanan udaranya. Ini penting untuk menghindari mobil tidak stabil saat dikemudikan dan membuat kendaraan tergelincir.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas