Tribun Otomotif

Pelat Nomor Putih di Kendaraan Akan Mulai Diterapkan Pertengahan Februari 2022

Pelat nomor kendaraan perseorangan yang semula berwarna dasar hitam, rencananya akan diganti dengan warna dasar putih.

Editor: Choirul Arifin
Pelat Nomor Putih di Kendaraan Akan Mulai Diterapkan Pertengahan Februari 2022
Tribun Pekanbaru/Budi Rahmat
ILUSTRASI - Pengendara membuka kaca film yang dipasang di pelat nomor kendaraan. Kendaraan ini terjaring razia Satlantas Polresta Pekanbaru, Selasa (16/8/2016). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau pelat nomor kendaraan perseorangan yang semula berwarna dasar hitam, rencananya akan diganti dengan warna dasar putih.

Hal tersebut sebagaimana mengacu pada Peraturan Polri (Perpol) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi (Regident) Kendaraan Bermotor.

Kasubdit STNK Korlantas Polri Kombes Pol M. Taslim Chairuddin mengatakan, pengadaan pelat nomor kendaraan warna dasar putih tersebut akan dimulai pada tahun ini.

"Kalau pelat putih itu sudah pasti diberlakukan di tahun 2022 cuma kapan persisnya itu yang kita belum bisa beritahukan," kata Kombes Pol Taslim saat dihubungi GridOto.com, Jum'at (27/1/2022).

"Mudah-mudahan di akhir Januari ini maksimal dipertengahan Februari sudah clear dan material sudah siap," sambung Taslim.

Alasan pertama yang membuat Kepolisian berencana mengubah warna dasar pelat nomor kendaraan dari hitam menjadi putih, yakni untuk memudahkan peran kamera E-TLE dalam mengidentifikasi setiap pelat nomor kendaraan bermotor.

Baca juga: Syarat Ganti Pelat Nomor Putih Tulisan Hitam: Saat Kendaraan Baru atau TNKB Sudah Tidak Berlaku

Sebab berdasarkan hasil penelitian dan survei yang dilakukan pihaknya, penggunaan warna dasar putih lebih memudahkan kamera dalam menangkap gambar pelat nomor yang lebih bersih dan jelas, terutama saat malam hari.

Sehingga E-TLE bisa menyorot secara tepat tanpa ada kesalahan.

Baca juga: Ganti Pelat Nomor Hitam ke Putih Tidak Dipungut Biaya alias Gratis, Ini Syaratnya

Sementara itu, dalam plat nomor baru itu selain berubah warna juga akan disematkan chip. Saat ini Korlantas Polri sedang menyiapkan aturannya.

Di dalam chip tersebut berisi biodata pemilik kendaraan. Sehingga ketika program tilang elektronik diberlakukan dapat memudahkan Polri untuk mengawasi setiap kendaraan.

Laporan Reporter: M. Adam Samudra l Sumber: Gridoto

Sumber: Gridoto
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas