Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Pasar Ekspor Kendaraan Makin Menggeliat, Pengapalan Mobil DFSK Meningkat 96 Persen

Industri otomotif Tanah Air terus menunjukkan geliat positif, bukan hanya dari penjualan dalam negeri tetapi juga ke berbagai belahan dunia

Penulis: Lita Febriani
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Pasar Ekspor Kendaraan Makin Menggeliat, Pengapalan Mobil DFSK Meningkat 96 Persen
ist
Industri otomotif Tanah Air terus menunjukkan geliat positif, bukan hanya dari penjualan dalam negeri tetapi juga ke berbagai belahan dunia. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Industri otomotif Tanah Air terus menunjukkan geliat positif, bukan hanya dari penjualan dalam negeri tetapi juga ke berbagai belahan dunia.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat ekspor mobil secara utuh atau Completely Built Up (CBU) pada tahun 2021 mencapai 294.639 unit. 




Jumlah ini naik 29,6 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2020, yang hanya mencapai sebanyak 232.175 unit.

Baca juga: DFSK Pamerkan Mobil Listrik Seres SF5 Perdana di Indonesia dalam GIIAS Surabaya 2021

Sebagai perusahaan otomotif yang juga berorientasi ekspor, PT Sokonindo Automobile yang merupakan produsen mobil DFSK berhasil membukukan catatan ekspor positif pada 2021.

Di sepanjang tahun 2021, DFSK berhasil mengapalkan 2.142 unit kendaraan yang terdiri atas DFSK Super Cab, Glory 560, Glory i-Auto dan Gelora.

Pencapaian ini membuat ekspor DFSK untuk kendaraan utuh atau CBU meningkat hingga 96 persen (year on year).

BERITA TERKAIT

PR and Media Manager PT Sokonindo Automobile Achmad Rofiqi, mengatakan pertumbuhan ekspor ini adalah bentuk penerimaan yang sangat baik oleh konsumen di berbagai negara dan hal ini yang akan dijaga selalu untuk menghadirkan kendaraan-kendaraan dengan kualitas tertinggi.

"DFSK percaya bahwa semangat All For Customer menjadi kunci utama untuk menghadirkan kendaraan-kendaraan yang berkualitas, dan motto itu akan kita pegang terus ke depannya demi kepuasan konsumen di seluruh dunia," tutur Achmad Rofiqi, Jumat (18/2/2022).

Seluruh kendaraan yang diekspor merupakan buatan pabrik DFSK di Cikande, Banten, yang telah melalui proses produksi yang presisi, dibantu dengan teknologi Industri 4.0 dan tangan-tangan terampil sumber daya manusia Indonesia.

Baca juga: Hingga Oktober 2021 Ekspor Mobil DFSK Tembus 1.766 Unit

SDM berkualitas ini akhirnya menghadirkan sebuah kendaraan yang berkualitas dan memiliki standar internasional untuk bisa diterima di berbagai negara.

Pabrik yang diresmikan sejak tahun 2017 memiliki kapasitas produksi maksimal hingga 50.000 unit pertahun, dan dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan dalam dan luar negeri sekaligus.

Pabrik DFSK di Indonesia sudah memproduksi sejumlah model kendaraan, baik kendaraan penumpang mulai dari DFSK Glory 560 dan DFSK Glory i-Auto.

Selain itu, sejumlah kendaraan komersial juga sudah lahir di pabrik ini yakni DFSK Super Cab dan DFSK Gelora.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas