Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Michelin Siapkan 30 Pilihan Spesifikasi Ban untuk Rider di MotoGP Musim 2022

Michelin akan menyediakan 30 macam spesifikasi ban untuk digunakan para pembalap selama gelaran MotoGP 2022.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Michelin Siapkan 30 Pilihan Spesifikasi Ban untuk Rider di MotoGP Musim 2022
Handout
Michelin akan menyediakan 30 macam spesifikasi ban untuk digunakan para pembalap selama gelaran MotoGP 2022. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sponsor sekaligus pemasok ban satu-satunya di gelaran seri MotoGP, Michelin akan menyediakan 30 macam spesifikasi ban untuk digunakan para pembalap selama gelaran MotoGP 2022.

Jumlah ini berkurang lebih dari seperempat jika dibandingkan dengan musim lalu, di mana Michelin menyediakan 41 pilihan ban.

Keputusan merampingkan pilihan ban ini diambil melalui diskusi dengan para pembalap dan tim mereka dengan tetap mempertahankan performa ban yang digunakan.

Michelin Two Wheels Motorsport Manager Piero Taramasso, mengatakan tim teknis Michelin Motorsport bekerjasama dengan para rider memilih ban paling multi fungsi dan mengeliminasi ban-ban yang dianggap terlalu spesifik.

Baca juga: Mengenal Teknologi Ban Michelin, Sang Pemasok Tunggal untuk Balapan MotoGP 2021

"Selain lebih memudahkan tim peserta untuk memilih tipe ban yang tepat, perampingan ini juga akan membantu mengurangi dampak lingkungan karena bahan baku yang digunakan berkurang, jumlah yang diproduksi juga turun sehingga lebih sedikit ban yang akan disimpan dan didaur ulang setelah digunakan," jelas Taramasso, Kamis (10/3/2022).

Baca juga: Terinspirasi dari Formula E, Michelin Ciptakan Ban untuk Kendaraan Listrik

Pada sesi tes di Mandalika, Lombok, pengendara dan tim diberi kesempatan mengevaluasi sejumlah spesifikasi ban yang berbeda dan menguji pengaturan ban dengan kendaraan.

BERITA TERKAIT

Mengacu pada hasil dari sesi tes tersebut, Michelin akan mengumumkan tiga spesifikasi ban yang akan dibawa ke Grand Prix Indonesia dan Finlandia.

Kalender kejuaraan dunia MotoGP diperluas pada 2022 dengan penambahan balapan baru di Indonesia, yakni Sirkuit Pertamina Mandalika dan di KymiRing, Finlandia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas