Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Dukung Perhelatan MotoGP 2022, Kemenhub Sediakan 85 Unit Shuttle Bus di Sirkuit Mandalika

Budi mengatakan, berbagai dukungan yang telah dilakukan pemerintah dapat menjadi bukti nyata bahwa Indonesia siap dan mampu menjadi tuan rumah MotoGP

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Dukung Perhelatan MotoGP 2022, Kemenhub Sediakan 85 Unit Shuttle Bus di Sirkuit Mandalika
Tribunnews.com/Rizki S
Puluhan riders MotoGP saat melintasi ruas jalan MH. Thamrin tepatnya di Bundaran HI dalam rangkaian parade dari Istana Negara, Rabu (16/3/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menjelang perhelatan MotoGP 2022 di Mandalika, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan 85 unit shuttle bus yang melayani 7 rute di dalam Kawasan Mandalika dari Parkir Barat dan Parkir Timur menuju Gate 1, Gate 2, dan Gate 3 Sirkuit Mandalika.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, pihaknya juga akan menyediakan subsidi operasional angkutan antar moda dari dan ke kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandalika dari simpul-simpul transportasi.

"Operasional angkutan antar moda ini meliputi Pelabuhan Gilimas, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Bangsal, Pelabuhan Kayangan, Pusat Kota Mataram Ex Bandara Selaparang dan BIZAM ," ucap Budi, Rabu (16/3/2022).

Baca juga: VIDEO: Parade Rider MotoGP Disambut Antusias Warga dan Aksi 20 Pebalap Dunia Melintas di Jakarta

Ia mengatakan, angkutan antar moda ini akan tersedia 278 unit dari Kemenhub yang meliputi 27 unit bus besar, 70  unit bus sedang, serta 181 unit bus kecil.

Budi juga menjelaskan, untuk pembangunan fasilitas pendukung integrasi moda telah disiapkan sebanyak 4 unit halte yaitu pada Parkir Sentral Timur, Gate  1, 2, dan 3 Sirkuit.

"Kemudian juga dilakukan pembangunan perlengkapan jalan dan bantuan teknis pembangunan perlengkapan jalan di Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika serta dilakukan peningkatan pelayanan angkutan penyeberangan dari dan ke Pulau Lombok," ucap Budi.

BERITA REKOMENDASI

Selain itu dalam menyambut gelaran MotoGP 2022 ini, Budi merinci langkah-langkah yang telah disiapkan, antara lain persiapan manajemen dan rekayasa lalu lintas serta manajemen moda transportasi yang dikoordinasikan oleh Polri dan Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: Jelang MotoGP, Telkom Pantau Kesiapan Infrastruktur Telko hingga Cek Kecepatan Koneksi Internet

"Nantinya juga akan dibantu oleh stakeholder terkait yang saling bersinergi dalam upaya mewujudkan penyelenggaraan Acara MotoGP Tahun 2022 yang selamat, aman, tertib, dan nyaman,” kata Budi.

Budi mengatakan, berbagai dukungan yang telah dilakukan pemerintah dapat menjadi bukti nyata bahwa Indonesia siap dan mampu menjadi tuan rumah bagi penyelenggaraan MotoGP 2022 ini. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas