Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Cara Merawat Rem Tromol Sepeda Motor, Komponen Penting Tapi Kerap Diabaikan

Ada dua tipe sistem rem sepeda motor, yakni tipe rem hidrolik atau biasa disebut rem cakram dan rem mekanis atau rem tromol.

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Cara Merawat Rem Tromol Sepeda Motor, Komponen Penting Tapi Kerap Diabaikan
ekaswastya.co.id
Rem tromol di sepeda motor. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Rem merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor yang berfungsi memperlambat dan memberhentikan lajunya saat kita sedang berkendara.

Ada dua tipe sistem rem sepeda motor yang disesuaikan dengan konstruksi dan kegunaannya, yakni tipe rem hidrolik (rem cakram) dan rem mekanis (rem tromol).

”Mengingat pentingnya keberadaan rem pada sepeda motor misalnya terkait rem tromol yang digunakan, konsumen perlu memperhatikan perawatannya. Kondisi rem tromol yang bagus dan terawat tentunya sangat membantu pengguna motor dalam keselamatan berkendara dan ikut melancarkan aktivitas,” ungkap Muslian, Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu).

Berikut tips mudah merawat rem tromol sepeda motor:

1. Bersihkan rem tromol

Hal pertama dalam perawatan rem tromol, tentu Anda harus memahami cara membersihkannya. Untuk penerapannya sendiri agak rumit.

BERITA TERKAIT

Disarankan untuk meminta bantuan kepada mekanik supaya bisa menerapkan pembersihan rem tromol. Karena Anda harus membuka as roda dan beberapa baut yang saling terhubung pada bagian tutup tromolnya.

Baca juga: Begini Risikonya Jika Membiarkan Rem Tromol Motor Aus

Setelah itu, saat roda sudah terbuka akan tampak kampas rem dan tromol yang berdebu yang pekat, lengket dan menempel.

Anda cukup membersihkannya dengan menggunakan kuas dan air sabun agar debu yang menempel menjadi hilang.

Bila perlu, bersihkan juga kampas rem dengan menggunakan sikat kawat/amplas kasar, hal ini ditujukan supaya permukaannya menjadi kasar yang bisa memicu jepitan kampas rem ke tromol menjadi lebih pakem.

2. Cek sistem rem tromol

Selanjutnya adalah selalu periksa mekanisme kerja handle rem, kabel dan tuas rem. Jika kondisi gerak bebas handle rem terlalu jauh atau di luar spesifikasi saat pengereman, segera lakukan penyetelan dengan memutar mur pada tuas rem di tromol.

3. Cek rutin performa bearing roda

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas