Tribun Otomotif

Oli Gardan di Motor Matik Harus Diganti Secara Berkala, Ini Risikonya Jika Mengabaikan

penggantian berkala pelumas mesin dan pelumas gardan di motor matik perlu dilakukan secara berkala agar motor matik tetap dalam kondisi prima.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Sanusi
zoom-in Oli Gardan di Motor Matik Harus Diganti Secara Berkala, Ini Risikonya Jika Mengabaikan
HO
penggantian berkala pelumas mesin dan pelumas gardan di motor matik perlu dilakukan secara berkala agar motor matik tetap dalam kondisi prima. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pada sepeda motor matik, ada dua jenis pelumasan yang terjadi saat motor melaju, yakni pelumasan pada ruang mesin dan pada gardan.

Karenanya, penggantian berkala pelumas mesin dan pelumas gardan di motor matik perlu dilakukan secara berkala agar motor matik tetap dalam kondisi prima.

Yang perlu diketahui, oli pada gardan di motor matik bekerja terpisah dari oli mesin, maka itu penggantian berkalanya juga dilakukan secara terpisah. Oli gardan ini biasa disebut juga dengan istilah gear oil atau oli gear matic.

Baca juga: Lebih dari Sekadar Melumasi, Ini 5 Fungsi Penting Minyak Pelumas Pada Kendaraan yang Perlu Diketahui

Masyarakat awam sering menyebutnya dengan istilah oli gardan matik. Namun berbeda dengan oli mesin, penggantian oli pada gardan durasi pergantiannya relatif lebih lama ketimbang oli mesin.

Technical Specialist PT Pertamina Lubricants Brahma Putra Mahayana menjelaskan, durasi penggantian nya dapat melihat panduan OEM di manual book.

"Biasanya antara 8.000 – 10.000 km tergantung jenis motornya. Namun kadangkala ada juga mekanik yang menyarankan menggunakan perbandingan 2:1," ujarnya, Sabtu, 16 Juli 2022.

Dia menjelaskan, biasanya ini hanya untuk memudahkan agar pengendara tidak lupa kapan terakhir ke bengkel atau ganti oli.

Artinya, oli gardan diganti bersamaan ketika ganti oli mesin untuk kedua kalinya. Namun yang paling tepat adalah mengikuti panduan dari OEM.

Baca juga: Pertamina Lubricants Dukung Industri Tambang Batu Bara Nasional Lewat Inovasi Pelumas

"Apabila hal ini dilakukan secara rutin, maka kinerja transmisi pada motor matic akan tetap terjaga,” bebernya.

Fungsi vital

Dia menegaskan, oli gardan memiliki fungsi vital untuk melindungi bagian transmisi motor matik.

Pertama adalah mengoptimalkan kerja transmisi yang bertugas meneruskan output mesin ke roda. Kedua, melindungi komponen seperti gear pada motor matic. Ketiga, keberadaan oli gardan membuat pergerakan transmisi menjadi halus.

Itu sebabnya, motor matik punya suara lebih halus daripada motor kopling kering (motor sport dan bebek).

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas