Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Wuling Resmi Mulai Produksi Mobil Listrik Wuling Air EV di Pabrik Cikarang

Wuling Indonesia resmi memulai produksi mobil listrik pertamanya di Indonesia, Wuling Air Ev di pabrik mereka di Cikarang

Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Wuling Resmi Mulai Produksi Mobil Listrik Wuling Air EV di Pabrik Cikarang
Lita Febriani/Tribunnews.com
Peluncuran Produksi Perdana Wuling Air Ev Buatan Indonesia di Pabrik Wuling, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (8/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, CIKARANG - Wuling Indonesia resmi memulai produksi mobil listrik pertamanya di Indonesia, Wuling Air Ev di pabrik mereka di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (8/8/2022).

Peresmian produksi dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.




Presiden Direktur Wuling Motor Indonesia Shi Guoyong, mengatakan hanya dalam beberapa tahun, investasi Wuling sudah melebihi 1 miliar dolar AS dengan produk yang dikembangkan saat ini sudah ada enam jenis produk dan total karyawan yang ada pabrik ini sudah lebih dari 10.000.

"Dari penjualan dan pangsa pasarnya, Wuling telah mencapai posisi keenam di industri otomotif Indonesia dan memiliki lebih dari 90.000 pengguna.

Baca juga: Dukung Percepatan Elektrifikasi, Wuling Air EV Hadir di Periklindo Electric Vehicle Show 2022

Kendaraan listrik yang kami luncurkan hari ini adalah kendaraan listrik berbasis baterai terbaru yang dikembangkan Wuling untuk dunia dan Indonesia telah menjadi stasiun peluncuran perdana," tutur Shi Guoyong saat Peluncuran Produksi Perdana Wuling Air Ev Buatan Indonesia di Pabrik Wuling, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (8/8/2022).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, menyampaikan apresiasi bahwa ini adalah kendaraan listrik pertama Wuling yang diproduksi secara nasional.

Baca juga: Pengamat: Harga Mobil Listrik Rp 300 Jutaan Bisa Dorong Masyarakat Lirik EV

BERITA TERKAIT

"Satu hal yang membuktikan bahwa kebijakan yang diambil oleh pemerintah sudah sangat tepat dan berbeda dengan yang lain, di sini lebih banyak kerja dari pada berbicara. Lebih bagus lagi tadi saya sudah coba nggak ada suaranya dan warnanya cocok sekali," ungkap Airlangga.

Air ev di desain bergaya future tech, mencerminkan gaya mobil masa depan yang modern dengan fasia depan dilengkapi lampu LED segaris, memanjang di bagian layaknya grill, begitu pula lampu bagian belakang juga serupa dan tulisan Wuling memanjang dari kiri ke kanan.

Masuk ke bagian interior, yang paling pertama dirasakan ialah kesan modern dan kabin yang lapang. Wuling menonjolkan kesan teknologi terkini, Wuling mengambil konsep Intelligent Tech Dashboard, dimana menghadirkan Integrated Floating Wide Screen, terdiri head unit berdimensi 10,25 inci serta meter cluster berukuran 10,25 inci.

Pada bagian dashboard ini, terdapat pula Multifunction Steering Wheel dengan logo Wuling berwarna silver yang dilengkapi tombol pengoperasian audio dan pengaturan menu.

Head unit dan meter cluster didesain untuk menonjolkan kehadiran layar yang luas pada bagian dashboard ini.

Tidak hanya itu, entertainment system pada head unit juga sudah dilengkapi dengan konektivitas internet, sehingga pengguna bisa mengakses beragam hiburan yang menjadikan perjalanan semakin menyenangkan.

Selain itu, implementasi konsep modern dan futuristik juga tertuang dalam tampilan konsol tengah pada Wuling Air ev.

Pada bagian ini, Rotary Gear Selector hadir sebagai pengoperasi transmisi dengan knop putar futuristik yang dihiasi chrome ring dan pola unik di sekelilingnya.

Selain itu, konsol tengah kendaraan ini juga turut dilengkapi dengan tombol pengoperasian jendela elektrik, Electric Parking Brake dan Auto-Vehicle Holding.

Wuling akan menawarkan lima pilihan warna ke konsumen, yakni peach pink, pristine white, galaxy blue, avocado green dan lemon yellow, yang membuatnya semakin terlihat ceria.

Wuling Indonesia telah membuka pre-order Air Ev mulai 11 Juli hingga 10 Agustus 2022. Mobil ini akan terdiri dari dua varian, yakni Standard Range dengan estimasi harga mulai Rp 250 juta dan Long Range ditawarkan mulai dari kira-kira Rp 300 juta, untuk harga DKI Jakarta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas