Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Karoseri Laksana Luncurkan Seri Flaghsip Legacy SR3 Ultimate di GIIAS 2022

Karoseri bus Laksana membuat kejutan di pameran otomotif GIIAS 2022 dengan meluncurkan generasi terbaru bus Legacy, yakni Legacy SR3 Ultimate.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Karoseri Laksana Luncurkan Seri Flaghsip Legacy SR3 Ultimate di GIIAS 2022
Tribunnews/fin
Peluncuran bus Legacy SR3 Ultimate di booth Karoseri Laksana di pameran otomotif GIIAS 2022, Jumat, 12 Agustus 2022. 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Karoseri bus Laksana membuat kejutan di pameran otomotif Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2022 dengan meluncurkan generasi terbaru bus Legacy, yakni Legacy SR3 Ultimate.

Legacy SR3 Ultimate merupakan seri flagship dari Legacy SR3 yang juga diluncurkan Karoseri Laksana di hari kedua pameran GIIAS 2022, Jumat, 12 Agustus 2022

"Legacy SR3 series menyajikan kesan elegan dan gagah, dilengkapi teknologi terdepan yang tidak hanya memberikan kenyamanan juga keamanan bagi para peanggunanya,” ujar Stefan Arman, Technical Director Laksana.




Ada sejumlah pembaruan pada seri Legacy SR3 ini. Diantaranya penyematan fitur Front Under-run Protection Systems (FUPS) yang telah mengikuti uji ketahanan standar kendaraan bus di Uni Eropa.

Menurut Stefan Arman, Technical Director Laksana, seri Legacy SR3 disiapkan untuk dapat meminimalisir resiko mobil terapit ketika terjadi tabrakan langsung dengan bus.

Stefan Arman, Technical Director Laksana.
Stefan Arman, Technical Director Laksana di peluncuran Legacy SR3 di GIIAS 2022, Jumat, 12 Agustus 2022.

FUPS merupakan salah satu regulasi UN ECE R93 yang dinamakan Front Under-run Protection Device (FUDP) dimana material tersebut dapat menahan beban hingga 160KN.

Dia menyatakan, Legacy SR3 telah lulus uji khusus yang dibebankan pada lima titik seperti uji simulasi tabrak mobil, uji ketahanan, uji R93, uji standar kekuatan STKM 13B.

BERITA TERKAIT

"Dengan adanya fitur tersebut, Laksana memberikan keamanan yang lebih tinggi dibandingkan rilisan (seri Legacy) sebelumnya," ujarnya.

Di GIIAS 2022 ini, Karoseri Laksana memang meluncurkan 2 tipe bus Legacy SR3 masing-masing SR3 Standard dengan kabin tipe Combi Suite dan SR3 Ultimate. Pembeli sekaligus konsumen pertama bus Legacy SR3 Ultimate ini adalah PO Siliwangi Antar Nusa (SAN) dengan sasis Scania K360 IB.

Interior bus Legacy SR3 Ultimate
Interior bus Legacy SR3 Ultimate.

SR3 Ultimate memiliki beberapa desain-desain yang lebih bervariasi dibandingkan untuk tipe standarnya seperti adanya lampu ornamen dalam kaca belakang, panel gendongan plafon.

Pada bagian belakang SR3 Ultimate juga menyertakan emblem ram cowel, serta bagian samping disematkan emblem Ultimate.

Secara keseluruhan, garis desain khas Laksana kembali disertakan pada model SR3. Terlihat dari bagian bumper depan masih terasa garis desain yang kuat sebagai ciri khas dari pada desain Legacy SR3 bisa dilihat dari bagian kanan dan kiri bumper.

Baca juga: Karoseri Laksana Luncurkan Bus Terbaru Legacy Suites Combi Family Class Kaca Single Glass

Selain itu, desain bentuk headlamp terbaru divariasi dengan lampu grill serta kombinasi detail foglamp menjadikan karakter dari Legacy SR3 ini sebagai penyempurnaan desain sebelumnya.

Pada bagian samping terdapat fitur lekukan panel body yang merupakan karakter utama dan paling menarik dari keseluruhan bagian luar SR3 Ultimate, terlebih fitur ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Interior bus Legacy SR3 Ultimate1
Sofa empuk di kabin bus Legacy SR3 Ultimate.

Setelah itu bagian kaca belakang yang dikombinasi lampu dapat dilihat dari samping. Pada bagian belakang sangat terasa sekali detailnya.

Desain yang agresif merupakan ciri khas paling menonjol pada bagian ini. SR3 Ultimate juga dilengkapi dengan desain stoplamp yang modern menambah kesan elegan yang kuat.

Baca juga: Karoseri Laksana Kenalkan Versi Facelift Legacy SR-2 Single Glass dengan Sasis Anyar Hino RN8J

Kesan elegan pada interior seri Legacy SR3 Ultimate terlihat dari interior individu dengan perpaduan komponen dengan proses produksi vacuum forming terkini dan produksi interior berlapis nuansa kayu dibuat dengan desain khusus sesuai dengan keinginan konsumen.

Kemudian untuk tema interior baru Laksana menonjolkan aksen-aksen gold dimana ini memerikan pesan masa emas industri karoseri untuk lepas dari masa pandemi dan mulai maju kembali.

Selain Legacy SR3 Ultimate, di GIIAS 2022 Laksana juga akan menampilkan beberapa produknya lainnya yang di antaranya adalah SR3 Suites Class, SR3 Suites Combi, Tourista Individual Series dan Maha Motorhome.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas