Tribun Otomotif

GMM Pasok 300 Unit FAW Trucks untuk Armada Pengangkut BBM Pertamina

Frankie menjelaskan, truk yang dipesan tersebut terdiri dari dua tipe yakni tipe rigid dan tipe tractor head dan diimpor secara utuh (CBU) dari China

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in GMM Pasok 300 Unit FAW Trucks untuk Armada Pengangkut BBM Pertamina
Tribunnews.com/Fin
Truk heavy duty FAW FD460TH tipe tractor head dipamerkan di booth PT Gaya Makmur Mobil di pameran Mining Indonesia 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 14-17 September 2022. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Gaya Makmur Mobil (GMM), agen pemegang merek FAW Trucks di Indonesia mendapat pesanan memasok 300 unit truk FAW untuk armada pengiriman bahan bakar minyak (BBM) Pertamina.

Frankie Makaminang, Direktur Utama GMM mengatakan, pesanan tersebut datang dari dua anak perusahaan Pertamina yang menangani distribusi BBM Pertamina, yakni PT Elnusa dan PT Pertamina Patra Niaga.

"Tahun depan Pertamina pesan 300-an unit untuk armada pengangkut BBM melalui Elnusa dan Patra Niaga," ujar Frankie menjawab pertanyaan Tribunnews di sela pameran Mining Indonesia 2022 hari kedua di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis 15 September 2022.

Baca juga: Permintaan Sektor Tambang Naik, FAW Kenalkan Truk Heavy Duty Euro 5 di Mining Indonesia 2022

Frankie menjelaskan, truk yang dipesan tersebut terdiri dari dua tipe yakni tipe rigid dan tipe tractor head dan diimpor secara utuh atau CBU dari pabrik FAW Trucks di China dan dijadwalkan tiba di Tanah Air dua bulan lagi.

"Dua bulan lagi unit kita datangkan dari China dengan 2 model utama, model truk rigid 6x2 240 horse power dan tipe tractor head 6x4 290 horse power untuk tangki 32.000 liter. Unit kita datangkan sudah dengan cat warna merah Pertamina, dipesan oleh Pertamina Patra Niaga dan Elnusa," bebernya.

Frankie mengatakan, spesifikasi truk FAW sudah memenuhi standar kualifikasi truk angkutan BBM Pertamina yang saat ini berlaku.

Antara lain, kedua tipe truk tersebut sudah menggunakan teknologi pengereman full air dengan antilock brake system (ABS).

"Tahun ini kita diapprove untuk angkutan BBM ke SPBU. Mereka punya standar safety seperti rem angin. Truk kita punya fitur ini plus fitur ABS.

"Dengan sistem rem full air, truk tidak akan mengalami rem blong untuk mencegah risiko kecelakaan di jalan raya. Ketika rem sampai malfungsi, truk akan berhenti, tidak bisa dijalankan," beber Frankie.

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas