Tribun Otomotif

Continental Kenalkan Ban Khusus Bus Listrik di Pameran IAA Transportation, Bisa Divulkanisir!

Conti Urban merupakan konsep ban berkelanjutan yang dirancang untuk bus listrik perkotaan dan terbuat dari 50 persen bahan baku terbarukan.

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Continental Kenalkan Ban Khusus Bus Listrik di Pameran IAA Transportation, Bisa Divulkanisir!
dok. Continental
Conti Urban merupakan konsep ban berkelanjutan dari Continental yang dirancang untuk bus listrik perkotaan. Ban ini terbuat dari 50 persen bahan baku terbarukan dan daur ulang. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, HANOVER – Produsen ban berbasis di Jerman, Continental, memperkenalkan Conti Urban, ban khusus untuk bus listrik di pameran kendaraan niaga bergengsi IAA Transportation 2022 yang berlangsung di Kota Hannover, Jerman, 20-25 September 2022.

Conti Urban merupakan konsep ban berkelanjutan dari Continental yang dirancang untuk bus listrik perkotaan. Ban ini terbuat dari 50 persen bahan baku terbarukan dan daur ulang.

Tapak Conti Urban, yakni bagian dari ban yang bersentuhan langsung dengan jalan mengandung 68 persen bahan terbarukan, termasuk minyak lobak dan silika yang diperoleh dari abu sekam padi.

Seperti kebanyakan ban kendaraan komersial Continental, Conti Urban juga dapat divulkanisir, sebuah proses yang memberikan kehidupan baru pada casing ban yang aus, dengan mengganti tapak lama dengan yang baru.

“Conti Urban kami semakin meningkatkan keberlanjutannya saat masa pakainya diperpanjang,” kata Klaus Kreipe, Kepala Divisi Peralatan Continental Tires di Eropa, Timur Tengah, dan Afrika (EMEA).

“Pada tahun 2050, kami ingin menggunakan 100 persen bahan yang diproduksi secara berkelanjutan di semua produk ban kami dan mencapai netralitas karbon di seluruh rantai nilai kami,” tambahnya.

Sorotan lain yang akan diperkenalkan Continental di IAA Transportation 2022 adalah prototipe ban untuk truk trailer khusus dengan poros penggerak listrik.

Baca juga: Intip Sederet Teknologi Otomotif yang Curi Perhatian di Ajang IAA Transportation 2022

“Prototipe ban kami untuk trailer listrik mewakili segmen ban yang sama sekali baru. Ini memiliki sifat ban untuk poros penggerak dan dirancang untuk pemulihan energi pengereman," ujarnya.

"Ban ini juga memiliki semua sifat ban trailer konvensional untuk gandar pertama dan ketiga. Benar-benar serba bisa dalam arti kata yang sebenarnya, ini dirancang khusus untuk hibridisasi truk,” kata Kreipe.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas