Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Continental Kenalkan Ban Khusus Bus Listrik di Pameran IAA Transportation, Bisa Divulkanisir!

Conti Urban merupakan konsep ban berkelanjutan yang dirancang untuk bus listrik perkotaan dan terbuat dari 50 persen bahan baku terbarukan.

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Continental Kenalkan Ban Khusus Bus Listrik di Pameran IAA Transportation, Bisa Divulkanisir!
dok. Continental
Conti Urban merupakan konsep ban berkelanjutan dari Continental yang dirancang untuk bus listrik perkotaan. Ban ini terbuat dari 50 persen bahan baku terbarukan dan daur ulang. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, HANOVER – Produsen ban berbasis di Jerman, Continental, memperkenalkan Conti Urban, ban khusus untuk bus listrik di pameran kendaraan niaga bergengsi IAA Transportation 2022 yang berlangsung di Kota Hannover, Jerman, 20-25 September 2022.

Conti Urban merupakan konsep ban berkelanjutan dari Continental yang dirancang untuk bus listrik perkotaan. Ban ini terbuat dari 50 persen bahan baku terbarukan dan daur ulang.

Tapak Conti Urban, yakni bagian dari ban yang bersentuhan langsung dengan jalan mengandung 68 persen bahan terbarukan, termasuk minyak lobak dan silika yang diperoleh dari abu sekam padi.

Seperti kebanyakan ban kendaraan komersial Continental, Conti Urban juga dapat divulkanisir, sebuah proses yang memberikan kehidupan baru pada casing ban yang aus, dengan mengganti tapak lama dengan yang baru.

“Conti Urban kami semakin meningkatkan keberlanjutannya saat masa pakainya diperpanjang,” kata Klaus Kreipe, Kepala Divisi Peralatan Continental Tires di Eropa, Timur Tengah, dan Afrika (EMEA).

“Pada tahun 2050, kami ingin menggunakan 100 persen bahan yang diproduksi secara berkelanjutan di semua produk ban kami dan mencapai netralitas karbon di seluruh rantai nilai kami,” tambahnya.

BERITA TERKAIT

Sorotan lain yang akan diperkenalkan Continental di IAA Transportation 2022 adalah prototipe ban untuk truk trailer khusus dengan poros penggerak listrik.

Baca juga: Intip Sederet Teknologi Otomotif yang Curi Perhatian di Ajang IAA Transportation 2022

“Prototipe ban kami untuk trailer listrik mewakili segmen ban yang sama sekali baru. Ini memiliki sifat ban untuk poros penggerak dan dirancang untuk pemulihan energi pengereman," ujarnya.

"Ban ini juga memiliki semua sifat ban trailer konvensional untuk gandar pertama dan ketiga. Benar-benar serba bisa dalam arti kata yang sebenarnya, ini dirancang khusus untuk hibridisasi truk,” kata Kreipe.

Conti Urban dirancang khusus untuk bus listrik dan transportasi pengiriman masa depan. Continental yakin bahwa keberlanjutan yang lebih besar sangat penting di sektor lalu lintas penumpang dan barang perkotaan.

Baca juga: BYD Perkenalkan Inovasi eMobility di IAA Transportation 2022

Menurut Asosiasi Produsen Otomotif Eropa (ACEA), jumlah pendaftaran baru untuk bus listrik di Uni Eropa terus meningkat secara signifikan pada 2021, dengan pangsa pasar yang terus meningkat di tahun itu menjadi 10,6 persen.

Pabrikan ban juga meluncurkan prototipe ban baru yang dirancang khusus untuk konsep trailer baru yang menampilkan poros penggerak listrik sepenuhnya.

Continental adalah mitra pengembangan eksklusif untuk trailer inovatif dari Trailer Dynamics, yang dirancang untuk menggabungkan unit traktor truk dengan trailer bertenaga baterai, sehingga mengurangi emisi CO2 mereka.

Baca juga: Trafic Van E-Tech Electric Bertenaga Listrik dari Renault Mendebut di IAA Transportation 2022

Di ajang IAA Transportation 2022, Continental juga mendemonstrasikan sistem manajemen ban digital ContiConnect 2.0, yang memungkinkan manajer armada untuk memantau kondisi ban secara permanen sehingga menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi CO2.

Pemantauan ini juga membantu mencegah penggantian ban sebelum waktunya dan waktu henti yang tidak terjadwal.

“Pada Transportasi IAA 2022, kami menunjukkan bagaimana kami berkontribusi pada keberlanjutan yang lebih besar dalam lalu lintas jarak pendek dan jarak jauh berkat jangkauan ban kendaraan komersial kami. Continental merupakan bagian integral dari transportasi masa depan yang efisien dan berkelanjutan,” kata Klaus Kreipe.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas