Tribun Otomotif

Solusi Pengecatan Lebih Cepat untuk Modifikator Diperkenalkan di OLX Autos IMX 2022

Pemilihan cat berkualitas harus diperhatikan oleh para modifikator karena bisa menjadi pembeda dalam hasil akhir karya modifikasi

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Solusi Pengecatan Lebih Cepat untuk Modifikator Diperkenalkan di OLX Autos IMX 2022
Istimewa
Momen puncak pameran modifikasi OLX Autos Indonesia Modification Expo (IMX) 2022 di JCC Senayan, Jakarta, 1-2 Oktober ini juga dimeriahkan oleh kehadiran ragam produk aftermarket untuk kebutuhan para modifikator. Satu diantaranya dari PT Bintang Chemical Indonesia, produsen cat Belkote. Di pameran ini mereka memperkenalkan solusi pengecatan kendaraan yang lebih cepat untuk para modifikator. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Momen puncak pameran modifikasi OLX Autos Indonesia Modification Expo (IMX) 2022 di JCC Senayan, Jakarta, 1-2 Oktober ini juga dimeriahkan oleh kehadiran ragam produk aftermarket untuk kebutuhan para modifikator.

Satu diantaranya dari PT Bintang Chemical Indonesia, produsen cat Belkote.

Di pameran ini mereka memperkenalkan solusi pengecatan kendaraan yang lebih cepat untuk para modifikator.

Belkote 1K Primer Surfacer diklaim dapat mempermudah proses pengecatan dan mempersingkat waktu modifikasi.

“Melihat perkembangan di Eropa dan Amerika Serikat yang banyak menggunakan produk primer satu  komponen, kami tertarik mempelajarinya dan ternyata berbeda dengan produk yang beredar di Indonesia.

Hal ini membuat kami memutuskan untuk mengembangkan produk ini untuk mendukung industri modifikasi di Indonesia,” ujar Tio Kay Hok, Managing Director PT Bintang Chemical Indonesia di hari kedua pameran, Minggu 2 Oktober 2022.

Tio menjelaskan produk ini dikembangkan selama dua tahun untuk kemudahan modifikasi pada bagian yang berbahan dasar logam. 1K Primer Surfacer merupakan jenis cat primer yang berfungsi untuk memberikan pondasi yang kuat di antara permukaan logam atau besi dan plastik terhadap lapisan cat dan fungsi antikarat pada besi tersebut.

Baca juga: Demi Hilangkan Barang Bukti, Siasat 3 Anggota TNI AD Ubah Cat Mobil Dalam Pelarian Usai Bunuh Sejoli

Tio menjelaskan, saat melakukan modifikasi, terutama di  tahap pengecatan kerap membutuhkan proses pengerjaan yang tak dapat dibilang singkat. Hal inilah yang salah satunya menjadikan Belkote berinovasi dengan menghadirkan produk 1K Primer Surfacer, berupa cat primer yang tidak memerlukan hardener, sehingga tidak ada lagi isu hardener kering atau tumpah dan lupa menambahkan hardener. Hal ini jelas akan mempersingkat waktu pengerjaan.

Meskipun cat primer ini bebasis teknologi 1 komponen, tetapi untuk hasil pekerjaannya tetap memberikan kualitas perlindungan, seperti daya rekat dan perlindungan karat yang setara atau lebih baik dari produk  2 komponen yang beredar di pasar Indonesia saat ini.

Kelebihannya, menurut Andrew Budi Kurniawan, Direktur Marketing Belkote,

adalah daya rekat yang baik ke besi, waktu kering yang relatif cepat dan fungsi anti karat yang sangat baik dan tidak perlu repot mencampur base dengan hardener. “Hal ini jelas mempersingkat waktu untuk perbaikan spot repair maupun full panel,” tambahnya.

ILUSTRASI - Tak hanya untuk perbaikan kendaraan, meningkatnya tren modifikasi di dunia otomotif membuat pasar produk pengecatan ulang kendaraan juga ikut meningkat di Indonesia.
ILUSTRASI - Tak hanya untuk perbaikan kendaraan, meningkatnya tren modifikasi di dunia otomotif membuat pasar produk pengecatan ulang kendaraan juga ikut meningkat di Indonesia. (ist)

Dia menjelaskan cat primer ini menggunakan teknologi specialy modified acrylic polymer terkini yang dikombinasikan dengan bahan baku terpilih lainnya untuk mendapatkan performa prima.

Cat akan terus menempel selama tidak ada cacat gesekan atau cacat pada lapisan cat di atasnya. "Tetap harus dipastikan agar menggunakan clear coat yang berkualitas agar cat mobil tetap awet,” saran Andrew.

Pada ajang OLX Autos IMX 2022 ini, Belkote juga menyelenggarakan Belkote Best Paint Award (BBPA) 2022 untuk mengapresiasi para modifikator Tanah Air yang sudah memperhatikan kualitas pengecatan dan penggunaan cat mobil sebagai bagian penting dalam konsep modifikasi yang mereka gunakan pada karyanya.

“Pemilihan warna merupakan salah satu bagian paling penting dalam sebuah konsep modifikasi. Karenanya, pemilihan cat berkualitas juga menjadi hal yang harus diperhatikan oleh para modifikator. Bahkan, kualitas cat bisa menjadi pembeda dalam hasil akhir karya modifikasi.

BBPA 2022 ini kami selenggarakan untuk menghargai hasil karya modifikasi, terutama bagi mereka yang telah menunjukkan cat sebagai unsur penting dalam modifikasi,” ujar Andrew.

"Karya terbaik yang kami pilih harus dapat menunjukkan kualitas cat yang baik, kualitas pengerjaan yang juga baik, serta harus cocok dengan tema modifikasinya,” ujar Andrew. 

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas