Tribun Otomotif

Mitsubishi Triton Rebut Juara I Balap Ketahanan AXCR 2022, Rahasianya di Ubahan Sasis dan Suspensi

Agar menang di AXCR 2022 tim mengurangi bobot kap mobil, pintu depan dan belakang, interior, serta beberapa bagian lainnya.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Mitsubishi Triton Rebut Juara I Balap Ketahanan AXCR 2022, Rahasianya di Ubahan Sasis dan Suspensi
dok. MMKSI
Tim Mitsubishi Ralliart dengan Mitsubishi Triton di ajang Asian Cross Country Rally (AXCR) 2022 di Thailand dan Kamboja, 21-26 November 2022.  

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim Mitsubishi Ralliart merebut juara pertama di ajang balap ketahanan Asian Cross Country Rally (AXCR) 2022 yang digelar di Thailand dan Kamboja pada 21-26 November 2022.

Chayapon Yotha meraih posisi pertama dengan total waktu 8:22:42 dan Rifat Sungkar berada di posisi kelima dengan total waktu 8:39:56. Ini merupakan capaian cukup membanggakan, mengingat tim balap Mitsubishi sudah lama vakum dari dunia balap.

Direktur Tim Mitsubishi Ralliart Hiroshi Masuoka, menyampaikan tantangan AXCR tahun ini bagi Ralliart ialah membangun Triton dari versi produksi dengan mengubah sedikit sasis dan suspensi.

"Mobil ini tetap sama dengan model produksi. Kami bangga dua mobil itu menunjukkan performa yang kuat dan finish di posisi teratas. Terutama driver yang bisa mengekstrak potensi mobil, mekanik dan engineer yang menyempurnakan terus kendaraan ini, serta semua pihak yang memberikan pengetahuan pada pengembangan mobil ini," tutur Masuoka dalam konferensi pers virtual, Senin (28/11/2022).

Tim juga mengurangi bobot kap mobil, pintu depan dan belakang, interior, serta beberapa bagian lainnya dengan menggantinya menggunakan karbon fiber.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura, menyampaikan AXCR adalah debut pertama Mitsubishi Motors yang kembali ke Motorsports setelah bertahun-tahun dan MMKSI sangat bangga dengan hasilnya.

"Dalam pengalaman pertama Rifat mengikuti reli yang berat ini, dia dapat tampil sangat baik secara profesional dengan dukungan dari mobil mumpuni yang dikelola oleh Tim Ralliart. Melihat fakta bahwa mobil yang digunakan dalam reli ini murni model produksi tanpa ada modifikasi yang sangat berarti, sudah menjadi bukti nyata ketangguhan dan kekuatan Triton yang dibuktikan langsung di lapangan.

Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia Rifat Sungkar, menyebut dirinya beruntung sekali dan tersanjung menjadi bagian tim Ralliart.

Baca juga: Kurangi Bobot, Tim Mitsubishi Ralliart Optimis Berikan Performa Terbaik di Kompetisi AXCR 2022

"Sejujurnya saya tidak punya pengalaman sama sekali, cuma saya yakin Mitsubishi punya mobil hebat dan tim yang kuat. Di SS 2, SS 1 hanya 3 kilometer jalanan aspal. SS 2 itu 200 kilometer adalah detik saya pertama lihat trek AXCR seperti apa, segala kemungkinan ada," ujarnya.

"Kejadian di 80 kilometer, setelah terpental di belakang sekali, sebagai anak baru saya bisa tunjukkan dari posisi 8 naik ke posisi 4 dan kemudian finish di posisi 5. Biasanya anak baru akan kesusahan dan sulit finish," terang Rifat.

Baca juga: Triton Ralliart Double Cabin dan Rifat Sungkar Siap Berlaga di AXCR 2022

Masuoka menambahkan, Ralliart jadi langkah pertama sekaligus upaya pertama untuk membuat mobil racing ke depannya.

"ACXR merupakan even untuk mencari data dan mengumpulkan data guna mendapatkan mobil performa dan motorsport. Setelah melakukan banyak penelitian dan data-data yang dikumpulkan, kami baru akan memikirkan ke depannya akan buat mobil performa tinggi seperti apa," jelasnya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas