Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Hilirasi Program Sekolah Vokasi, AHM Bina 30 Bengkel Anak Muda Lulusan SMK 

Hingga saat ini, program AHYPP membina 30 bengkel yang dikelola para anak muda alumni SMK yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Hilirasi Program Sekolah Vokasi, AHM Bina 30 Bengkel Anak Muda Lulusan SMK 
Tribunnews/Choirul Arifin
Esta Garage, satu dari 30 bengkel yang dikelola anak muda alumni SMK, binaan Yayasan Astra Honda Motor (AHM) melalui program Astra Honda Youthpreneurship Program (AHYPP). Bengkel ini dikelola Yoga Prasetyo, alumni SMK Muhammadiyah 2 Genteng, Banyuwangi, berlokasi di Canggu, Kabupaten Badung, Bali. Foto diambil Kamis, 1 Desember 2022. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) melalui Yayasan Astra Honda Motor (AHM) mendorong kemandirian ekonomi di kalangan generasi muda alumni Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK melalui pengembangan Astra Honda Youthpreneurship Program (AHYPP).

Hingga saat ini, program AHYPP membina 30 bengkel yang dikelola para anak muda alumni SMK yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Empat diantaranya berada di Bali.

Yakni Esta garage dan Kembar Jaya Motor di Kabupaten Badung, serta Bali Motor di Kabupaten Karangasem, dan LET Motor di Kabupaten Gianyar.

Agus Subagja, CSR Manager AHM mengatakan, bengkel AHYPP merupakan hilirisasi sekolah vokasi sebanyak 112 sekolah di Indonesia yang dibina AHM.

"Yang bergabung di program bengkel AHYPP ini bengkelnya minimal harus sudah setahun berdiri atau dikelola," ujar Agus Subagja di sela acara media visit ke salah satu bengkel AHYPP, Esta Garage, di kawasan Canggu, Kabupaten Badung, Bali, Kamis, 1 Desember 2022.

Bengkel Esta Garage ini didirikan dan dikelola Yoga Prasetyo, anak muda alumni SMK Muhammadiyah 2 Genteng, Banyuwangi. 

Agus Subagja menjelaskan, seluruh bengkel yang bergabung di program AHYPP mendapat beragam pelatihan dari AHM, antara lain tentang teknik pengelolaan bengkel hingga teknik promosi bengkel dan mendapat bantuan renovasi bengkel agar lebih proper.

BERITA TERKAIT

Bengkel mitra yang tergabung dalam program AHYPP ini juga mendapat pinjaman modal dari AHM tanpa bunga dengan tenor atau lama angsuran pengembalian pinjaman, yang bisa ditetapkan sendiri oleh bengkel peminjam.

Bengkel yang bergabung di program AHYPP juga mendapatkan dukungan tools atau peralatan bengkel tertentu yang sulit didapatkan di pasar.

"Untuk bantuan renovasi bengkel disesuaikan dengan kebutuhan bengkel bersangkutan dengan mengacu pada proposal yang mereka ajukan kepada kami," ujar Agus Subagja.

Baca juga: Kelangkaan Chip Semikonduktor Mulai Teratasi, Produksi AHM Tembus 411.231 Unit pada September 2022

Dia mencontohkan, untuk tahap pertama bantuan permodalan yang diberikan AHYPP ke Bengkel Esta Garage yang dikelola Yoga Prasetyo di Canggu, Kabupaten Badung, Bali, sebesar Rp 25 juta.

"FIFGROUP juga siap memberikan dukungan permodalan tanpa bunga," imbuh Agus.

Dia mengatakan, untuk mendukung pengembangan bisnis bengkel di bawah binaannya, program AHYPP juga memberikan pendampingan 7 kali seminggu ke mereka.

Bengkel motor Esta Garage
Yoga Prasetyo, pemilik bengkel motor Esta Garage, satu dari 30 bengkel yang dikelola anak muda alumni SMK, binaan Yayasan Astra Honda Motor (AHM) melalui program Astra Honda Youthpreneurship Program (AHYPP) berlokasi di Canggu, Kabupaten Badung, Bali. Yoga Prasetyo merupakan alumni SMK Muhammadiyah 2 Genteng, Banyuwangi. Foto diambil Kamis, 1 Desember 2022.

Program AHYPP juga mendorong bengkel binaannya mengadopsi teknologi digital untuk proses mentoring sampai mentoringnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas