Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Toyota Mulai Garap Powertrain Hybrid Generasi ke-5 untuk Corolla Baru di Eropa

teknologi hybrid Toyota generasi ke-5 ini menampilkan motor listrik yang lebih ringan, lebih kompak, dan bertenaga lebih tinggi

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Toyota Mulai Garap Powertrain Hybrid Generasi ke-5 untuk Corolla Baru di Eropa
Ist
Logo Toyota. Toyota Motor Europe (TME) dikabarkan telah mulai memproduksi powertrain hybrid generasi ke-5 untuk Corolla baru. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, LONDON – Toyota Motor Europe (TME) dikabarkan telah mulai memproduksi powertrain hybrid generasi ke-5 untuk Corolla baru.

Dikutip dari Green Car Congress, powertrain listrik rendah emisi hibrida Toyota terbaru akan dibuat di Toyota Motor Manufacturing Poland (TMMP) dan Toyota Motor Manufacturing UK (TMUK) untuk Corolla baru yang diproduksi di TMUK dan Toyota Motor Manufacturing Turkey (TMMT).

Dimulainya produksi mesin dan transmisi hibrida generasi ke-5 mengikuti pemutakhiran tujuh lini produksi yang didukung oleh investasi baru sebesar 77 juta euro dan 541.000 euro di masing-masing pabrik di Polandia dan Inggris.

Baca juga: Pemerintah Berencana Kucurkan Insentif Mobil Listrik, Toyota Masih Tunggu Aturan

TMMP memproduksi transmisi elektrik hybrid termasuk motor MG1 dan MG2, komponen elektrik integral dari transmisi hybrid. MG1 merupakan generator tambahan yang bertindak sebagai starter untuk mesin bensin, menghasilkan listrik untuk menggerakkan motor MG2 dan mengisi baterai.

Sementara itu, MG2 adalah motor listrik utama yang menggerakkan roda menggunakan arus yang dihasilkan oleh MG1 dan baterai. Itu juga memulihkan sebagian energi kinetik yang dihasilkan oleh pemutusan dan perlambatan.

Produk ini akan dipadukan dengan mesin bensin 1,8 liter baru yang diproduksi di TMUK untuk membentuk powertrain listrik hybrid generasi ke-5.

BERITA REKOMENDASI

Adapun, teknologi hybrid Toyota generasi ke-5 ini menampilkan motor listrik yang lebih ringan, lebih kompak, dan bertenaga lebih tinggi, yang meningkatkan rasio penggerak listrik dalam sistem hybrid.

Baca juga: Toyota Rilis Prototipe Pikap Listrik Hilux Revo di Thailand

Sebagai hasil dari peningkatan kalibrasi mesin, kendaraan ini akan memiliki tenaga yang lebih besar, performa keseluruhan yang lebih baik, dan kemampuan berkendara yang menghasilkan emisi CO2 yang lebih rendah untuk versi 1,8 liter.

“Kendaraan hibrida rendah emisi Toyota yang terjangkau memiliki peran penting untuk membantu menurunkan emisi karbon,” kata Marvin Cooke, Executive Vice President Manufacturing Toyota Motor Europe.

“Teknologi Hibrida akan segera hadir di masing-masing mesin dan transmisi yang diproduksi di TMMP dan TMUK, yang merupakan cerminan dari permintaan pelanggan yang terus tumbuh untuk produk hybrid Toyota," imbuhnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas