Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Mengenal Lebih Dekat Nano Ceramic Coating untuk Perawatan Bodi Mobil

Perawatan mobil secara tepat dan teratur sangat penting untuk mempertahankan keindahan mobil sehingga tetap nyaman untuk dikendarai.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Mengenal Lebih Dekat Nano Ceramic Coating untuk Perawatan Bodi Mobil
dok.
Perawatan bodi mobil di workshop Otopia. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan Eko Purwanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perawatan mobil secara tepat dan teratur sangat penting untuk mempertahankan keindahan mobil sehingga tetap nyaman untuk dikendarai. Selain mesin dan bagian dalamnya, bodi dan bagian luar mobil pun juga penting untuk dirawat.

Sebagian pemilik mobil mungkin berpendapar merawat bodi mobil cukup dengan membersihkan dan mencuci saja secara rutin. Padahal perawatan bodi mobil seperti menggunakan teknik coating juga bermanfaat untuk menjaga keawetan bodi mobil.

Coating adalah proses menambahkan lapisan khusus pada permukaan cat mobil agar tampilan warna mobil selalu terlihat baru dan berkilau.

“Ada berbagai jenis coating mobil yang tersedia di pasaran, tapi kalau mencari coating yang awet dan tahan lama untuk mobil, Nano Ceramic Coating bisa jadi pilihan yang bagus. Ini termasuk coating yang relatif baru dan kian populer di industri otomotif,” kata Ardi Juliano Gunawan selaku Founder perusahaan salon mobil Otopia.

Dia menjelaskan, Nano Ceramic Coating terbuat dari partikel keramik yang sangat kecil sehingga memiliki perlindungan tinggi terhadap aus.

Jenis coating ini membentuk ikatan dengan permukaan cat mobil sehingga memiliki ketahanan yang lebih kuat terhadap goresan-goresan ringan akibat kotoran, air, dan kontaminan lain yang bisa merusak lapisan cat mobil.

Baca juga: Mengenal Nano Ceramic, Teknologi Terbaru Merawat Bodi Motor Agar Cat Lebih Kinclong

BERITA TERKAIT

Selain tahan gores, kata dia, Nano Ceramic Coating juga memiliki ketahanan yang kuat terhadap sinar ultraviolet (UV) dan faktor lingkungan lain yang dapat menyebabkan pemudaran dan kerusakan pada lapisan cat mobil.

Dengan perawatan yang tepat, penggunaan Nano Ceramic Coating dapat bertahan lama dan membantu menjaga mobil terlihat baru selama bertahun-tahun.

“Nano Ceramic Coating berfungsi sebagai lapisan depan untuk melindungi lapisan cat asli mobil agar selalu dalam kondisi baik. Ia memberikan hasil akhir kilau permanen yang bahkan bisa terlihat lebih kinclong daripada mobil baru," jelasnya.

Baca juga: Tips Agar Warna Mobil Tetap Awet Usai Lakukan Perawatan Nano Ceramic Coating

"Hal ini bisa membantu pemilik mobil yang ingin menjual kembali mobilnya dengan harga yang lebih baik, tanpa perlu mengeluarkan biaya perbaikan cat yang mahal,” tutur Ardi.

Ardi mengungkapkan bahwa saat ini Ultimate Nano Ceramic Coating merupakan jenis coating yang menjadi produk unggulannya di gerainya.

Dia menyebut, ultimate Nano Ceramic Coating adalah Nano Ceramic Coating terbaik yang ada di pasaran karena menawarkan tingkat perlindungan tertinggi terhadap semua elemen, termasuk sinar UV, bahan kimia, keausan fisik, dan bahkan suhu ekstrem.

“Produk coating di salon kami diimpor langsung dari Jepang dengan harga paket mulai dari 1,5 juta rupiah. Kualitas yang dihasilkan tidak kalah dengan paket coating di tempat lain yang biasanya dijual 2-3 kali lipat dari harga yang ditawarkan Otopia,” imbuhnya.

Ada Kemitraan Bisnis

Ardi menjelaskan, salon mobil yang dia jalani telah berdiri sejak tahun 2021. Selain menawarkan jasa Nano Ceramic Coating, salon mobil ini juga menawarkan jasa pembersihan detailing dan car washing atau cuci mobil.

Ardi mengungkapkan  pihaknya kini telah memiliki 25 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Saat ini, pihaknya juga berencana mengekspansi bisnisnya melalui penawaran kemitraan bisnis dengan sistem full autopilot.

Mulai dari harga sekitar 100 juta rupiah, para mitra diajak untuk berkembang bersama lewat kerjasama bisnis salon mobil ini.

“Banyak oknum yang menawarkan bisnis franchise atau kemitraan tetapi dilepas begitu saja dan tidak dijalankan dengan baik. Diiming-imingi balik modal cepat tetapi rata-rata malah bangkrut dalam sekejap. Di Otopia, kami sendiri yang mengelola sehingga tahu betul bagaimana cara menjalankan bisnis ini agar bisa dapat bertahan lama dan profitable,” katanya. (*/)
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas