Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Seperti Apa Jika Baterai Sepeda Motor Listrik Terbakar? Begini Simulasi Pemadamannya di PEVS 2023

Demo pemadaman baterai sepeda motor listrik yang terbakar dilakukan di hari pertama penyelenggaraan PEVS 2023 pada Rabu, 17 Mei 2023.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Seperti Apa Jika Baterai Sepeda Motor Listrik Terbakar? Begini Simulasi Pemadamannya di PEVS 2023
dok.
Demonstrasi pemadaman kebakaran pada baterai sepeda motor listrik yang terbakar di hari pertama pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS), Kamis 17 Mei 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selama ini sebagian masyarakat masih khawatir tentang aspek keamanan jika mengoperasikan kendaraan listrikk, misalnya dari risiko jika baterai tersebut terbakar atau meledak.

Kendati kendaraan listrik sudah dikenal masyarakat sejak 2-3 lalu di Tanah Air, tidak semua penggunanya memahami cara mengatasi masalah jika terjadi kebakaran yang bersumber dari baterainya.

Memanfaatkan momentum pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) yang diselenggarakan pada 17 - 21 Mei 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Periklindo mendemonstrasikan penanganan kebakaran baterai pada sepeda motor listrik ke pengunjung.

Demo ini dilakukan di hari pertama penyelenggaraan PEVS 2023 di area outdoor pada Rabu, 17 Mei 2023 kemarin.

Bisa Picu Ledakan

Kebakaran yang bersumber pada baterai di kendaraan listrik memiliki efek yang bermacam-macam. Pada baterai jenis lithium-ion, jika terjadi kebakaran bisa memicu terjadinya ledakan.

“Kalau dia panas, menguap dan bisa meledak,” beber Franky Affandy, Chief Technology Officer FAST, salah satu produsen alat pemadam api ringan (APAR) di lokasi acara, Rabu kemarin.

Baca juga: Wuling Pamerkan Mobil Listrik Binggo di PEVS 2023

BERITA TERKAIT

Aksi demo penanganan pemadaman baterai sepeda motor listrik yang terbakar hebat ini diselenggarakan Dyandra Promosindo dan Periklindo pada baterai lithium-ion.

Di acara demo ini, penyelenggara pameran menghadirkan dua jenis alat pemadam api ringan atau APAR yang berbeda.

APAR kebakaran
Demonstrasi pemadaman kebakaran pada baterai sepeda motor listrik yang terbakar di hari pertama pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS), Kamis 17 Mei 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Yaitu, APAR dengan materi powder based. Dengan APAR jenis ini, ternyata kobaran api justru bertambah liar.

“Karena Apar jenis powder based didesain untuk memadamkan api dengan temperature 600 derajat Celcius ke bawah,” kata Franky Affandy. “Api pada batere lithium memiliki temperature dari 1200 derajat celcius,” imbuhnya.

Baca juga: Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2023 Resmi Dibuka di JIExpo

Untuk meredam amukan api pada kebakaran yang ditimbulkan dari ledakan aki lithium-ion, hanya diperlukan water based chemical.

Karena kandungan unsur kimiawi ini sifatnya mendinginkan dan mencegah penyalaan ulang.

“Produk kami menggunakan water base chemical yang ramah lingkungan dan aman bagi manusia. Produk kami dengan kode Af31-lfk ini sudah mendapatkan serifikat UL greenguard,” kata Franky.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas