Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Menperin Agus Gumiwang: Bukan Isuzu yang Pindah Fasilitas Produksi ke Indonesia Tetapi UD Trucks

Sebelumnya muncul kabar Isuzu akan memindahkan fasilitas produksinya ke dari Thailand ke Indonesia.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Menperin Agus Gumiwang: Bukan Isuzu yang Pindah Fasilitas Produksi ke Indonesia Tetapi UD Trucks
Lita Febriani
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat melihat sepeda motor konversi yang dibuat Elders Garage di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Jumat (9/6/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meluruskan kabar mengenai pemindahan fasilitas produksi automaker dari Thailand ke Indonesia.

Sebelumnya, ada beberapa media yang memberitakan bahwa Isuzu akan memindahkan fasilitas produksinya ke dari Thailand ke Indonesia.

"Sudah jelas, yang akan memindahkan UD Trucks atau truk bermerek UD. UD Trucks ini memang merek yang dikeluarkan Isuzu, Jadi memang benar tidak pernah ada pembicaraan saya dalam kunjungan ke Tokyo dengan pihak Isuzu, yang menyampaikan atau berkesepakatan bahwa mereka akan memindahkan fasilitasnya dari Thailand. Yang ada adalah UD Trucks, salah satu merek truk yang diproduksi oleh Isuzu," tutur Agus dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Jumat (9/6/2023).

Baca juga: UD Trucks Berbagi Tips Aman Berkendara ke 1.000 Driver

Menurut Menperin, soal pemindahan fasilitas produksi UD Trucks sudah jelas disampaikan melalui rilis yang dikirimkan langsung dari Tokyo usai bertemu dengan principal Isuzu.

Dalam konferensi pers yang digelar di Kantor Kementerian Perindustrian, diperdengarkan pula percakapan antara Kementerian Perindustrian dengan Principal Isuzu di Jepang.

"Itu sudah disampaikan secara detail dalam rilis saya beberapa saat setelah pertemuan dengan Isuzu. Saya tidak tahu bagaimana ada dinamika, sehingga seolah-olah ada kesepakatan antara Kemenperin dengan Isuzu adalah memindahkan seluruh fasilitas Isuzu yang ada di Thailand ke Indonesia. Tidak ada itu," jelas Agus.

BERITA REKOMENDASI

UD Trucks akan memindahkan fasilitas produksi dari Thailand ke Indonesia, rencananya akan dilakukan pada 2024.

Nantinya, fasilitas terbaru milik UD Trucks tersebut akan berlokasi di Karawang, Jawa Barat dan memulai produksi di tahun depan.

"Yang ada hanyalah produk bernama UD Trucks yang akan dipindahkan dari Thailand ke Karawang. Saya kira itu achievement yang luar biasa bagi kita, dimana mereka akan memindahkan salah satu produk Isuzu dari Thailand ke Karawang," terang Menperin.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas