Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

UD Trucks Indonesia Kini Punya Teknologi Telematik My UD Fleet, Apa Saja Fitur-fiturnya?

Di pameran otomotif GIIAS 2023, UD Trucks merilis teknologi telematik terbaru bernama My UD Fleet.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in UD Trucks Indonesia Kini Punya Teknologi Telematik My UD Fleet, Apa Saja Fitur-fiturnya?
dok.
Plt. Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Kementerian Perhubungan RI, Kusnanto dan Fany Royssi Nanda, Service Agreement & Telematics UD Trucks Indonesia, di acara diskusi
mengupas teknologi telematik terbaru UD Trucks, My UD Fleet di pameran GIIAS 2023, Rabu 16 Agustus 2023. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hampir semua perusahaan pabrikan kendaraan niaga truk di Indonesia mendukung pemasaran kendaraannya dengan teknologi telematik untuk memaksimalkan kinerja kendaraan sekaligus mengefisiensikan biaya operasional.

Begitu juga dengan UD Trucks Indonesia. Di pameran otomotif GIIAS 2023, merek truk asal Jepang ini merilis teknologi telematik terbaru bernama My UD Fleet.

Di acara diskusi peluncuran teknologi telematik ini di booth UD Trucks, Rabu 16 Agustus 2023, Service Agreement & Telematics UD Trucks Indonesia, Fany Royssi Nanda mengatakan, My UD Fleet (MUF) yang dirancang untuk merevolusi industri angkutan truk sebagai bagian dari layanan purna jual.




Karenanya, My UD Fleet dirancang agar bisa menjadi solusi pengelola armada yang dirancang untuk pelanggan yang memiliki banyak unit atau armada yang dipantau secara kolektif dari satu pengguna.

Teknologi ini dipandang lebih cocok untuk pelanggan UD Trucks di Indonesia jika dibandingkan dengan My UD Telematics (MUT), yang dirancang bagi pengemudi pemilik dengan kepentingan
perseorangan dimana pengemudi merangkap sebagai pemilik truk.

Fany Royssi mengatakan, pihaknya memahami tantangan yang dihadapi pemilik truk dan pengelola armada, khususnya di Indonesia dalam memastikan performa kendaraan yang optimal, mengurangi downtime, dan memaksimalkan efisiensi.

"Untuk mengatasi masalah tersebut, kami telah mengembangkan sistem Telematika UD agar
lebih inovatif dengan My UD Fleet," kata dia.

BERITA TERKAIT

My UD Fleet sebagai “UD Connected Services” yang menjadi payung dari semua layanan UD Trucks, menawarkan rangkaian layanan yang komprehensif, termasuk analisis performa pengemudi, visibilitas total armada, manajemen pemeliharaan, dan pemantauan bahan bakar serta AdBlue.

Dijelaskan, dengan memanfaatkan analitik data yang canggih dan kemampuan prediktif, pengelola armada dapat secara proaktif mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah, mengurangi kerusakan kendaraan, dan meminimalkan biaya pengoperasian.

Baca juga: UD Trucks Rayakan 10 Tahun Truk Quester di GIIAS 2023

Pemilik truk dan pengelola armada akan merasakan banyak manfaat, yang memungkinkan mereka mencapai tingkat produktivitas, kinerja, dan profitabilitas baru.

Fany memaparkan, My UD Fleet sebagai generasi penerus UD Telematika memiliki sejumlah keunggulan.

Pertama, dasbor berbasis widget yang memberikan informasi berguna untuk pengelola
armada, seperti efisiensi bahan bakar, pemeriksaan harian pengemudi, peringatan, laporan, peta, dan lainnya.

Kedua, dasbor lintasan yang diperbarui (Peta), memberikan detail kendaraan tambahan seperti standar produk atau emisi/transisi serta menyediakan akses mudah ke pelacakan.

Baca juga: UD Trucks Serah Terima 32 Unit Quester Euro 5 ke Tunas Rent

Ketiga, pelacakan yang ditingkatkan dan menampilkan semua peristiwa dalam satu laporan, termasuk perilaku pengemudi. Anda dapat menyesuaikan peristiwa yang ingin Anda lihat.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas