Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Intip Kendaraan Ramah Lingkungan Suzuki di Jepang

Pemerintah Jepang menargetkan pada 2035 seluruh mobil yang dijual merupakan Low Emission Vehicle (termasuk hybrid) yang ramah lingkungan.

Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Intip Kendaraan Ramah Lingkungan Suzuki di Jepang
Seno-Tribunnews
Suzuki Solio hybrid. Harga mobil tersebut di Jepang dibanderol 2,099 juta yen atau sekitar Rp222,50 juta. 

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Data World Population Review 2023, Tokyo dinobatkan sebagai kota terpadat di Jepang, bahkan di dunia karena memiliki luas 13.452 kilometer persegi dengan jumlah penduduk mencapai 37,1 juta penduduk.

Kepadatan penduduk ini berpengaruh terhadap tingginya mobilitas keseharian masyarakat Jepang untuk memenuhi kebutuhannya.

Melihat kondisi ini, pemerintah Jepang menargetkan pada 2035 seluruh mobil yang dijual merupakan Low Emission Vehicle (termasuk hybrid) yang ramah lingkungan.

Baca juga: Suzuki Akan Tampil dengan Skuter Listrik dan Hidrogen di Japan Mobility Show 2023

Sebagai produsen otomotif asal Jepang, Suzuki ikut ambil bagian dalam mendukung program pemerintah dengan mengembangkan teknologi ramah lingkungan yang disematkan pada setiap kendaraan.

Saat ini, secara global Suzuki sudah aktif untuk memproduksi dan menjual kendaraan hybrid sebagai langkah awal dalam menciptakan kendaraan ramah lingkungan.

Semangat ini disambut baik masyarakat Jepang yang terlihat dari pergeseran minat pelanggan Suzuki ke kendaraan hybrid yang setiap tahun semakin besar persentasenya.

Selama 5 tahun ke belakang (2018-2022), data penjualan mobil penumpang berteknologi hybrid di negara Jepang terus bertumbuh secara bertahap.

BERITA TERKAIT

Secara pengelompokan kategori mesin, mobil hybrid berhasil menguasai 44 persen dari keseluruhan penjualan mobil penumpang yang ada di Jepang selama 2022, atau meningkat 4% dibandingkan 2019.

"Kemampuan hybrid sangat membantu saat berkendara dengan efisiensi yang baik dan driving impression yang memuaskan, dealer ini staff servicenya sangat baik, sehingga dipercaya oleh pelanggan," kata Head of Showroom Suzuki Arena, Hideka Miyasaka, Ota, Tokyo, Jepang, Selasa (24/10/2023).

Head of Showroom Suzuki Arena, Hideka Miyasaka saat ditemui di Kota Ota, Tokyo, Jepang, Selasa (24/10/2023).
Head of Showroom Suzuki Arena, Hideka Miyasaka saat ditemui di Kota Ota, Tokyo, Jepang, Selasa (24/10/2023). (Seno-Tribunnews)

Di sisi lain, untuk mobil bermesin pembakaran konvensional (gasoline/ diesel) mengalami penurunan tren hingga 5% menjadi total 55% di tahun yang sama, dan kendaraan battery electric vehicle hanya diserap kurang dari 2% saja.

Pertumbuhan persentase tersebut dinilai secara positif dapat menjadi sinyal bahwa kendaraan berteknologi hybrid dapat semakin diterima dan bahkan menjadi pilihan prioritas masyarakat di Jepang yang dikenal sangat peduli terhadap lingkungan.

Populernya mobil hybrid di Jepang turut dibuktikan salah satu jaringan penjualan (dealer) Suzuki Arena yang berlokasi di distrik kota Ota, kota Tokyo, Jepang yang turut memajang berbagai model hybrid dari Suzuki.

Padatnya lalu lintas Tokyo, membuat mobil hybrid sangat digemari dan berkontribusi positif bagi penjualan.

Selain itu, Suzuki Arena juga dilengkapi dengan fasilitas yang dapat membuat pengunjung nyaman dalam mencari mobil Suzuki yang dibutuhkan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas