Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Diperkenalkan di IMOS+ 2023: Dhelvic Genesis, Motor Listrik dengan Spek Maxi Scooter

Punya desain sangat maskulin, skuter listrik Dhelvic Genesis diperkenalkan sebagai maxi scooter versi listrik dengan spesifikasi badak.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Diperkenalkan di IMOS+ 2023: Dhelvic Genesis, Motor Listrik dengan Spek Maxi Scooter
Tribunnews/Choirul Arifin
Motor listrik Dhelvic Genesis bergaya maxi scooter diperkenalkan di pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023 di ICE BSD Tangerang, Rabu 25 Oktober 2023. Skutik ini ditawarkan dengan harga Rp 60 juta on the road Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Diantara puluhan model dan tipe sepeda motor listrik dari berbagai merek dan pabrikan otomotif Tanah Air yang dipajang di pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023 di ICE BSD Tangerang, sosok motor listrik Dhelvic Genesis sungguh mencuri perhatian.

Punya desain sangat maskulin, skuter listrik ini diperkenalkan sebagai maxi scooter versi listrik dengan spesifikasi badak, lebih mumpuni dari skuter listrik biasa.

Berikut ulasan rinciannya.

Selama ini keluhan umum para pemakai sepeda motor listrik adalah performa dan jarak tempuh yang terbatas. Begitu pula dengan top speed-nya.

Selain itu keluhan lainnya adalah pada karakter tenaga yang berbeda dibanding skutik bermesin konvesional umumnya.

Kelemahan-kelemahan yang biasa ditemukan pada skuter listrik tersebut yang oleh Dhelvic Genesis dijawab dengan spesifikasi yang lebih mumpuni.

Berbekal pengalaman sejumlah engineer yang biasa menggeluti kendaraan roda dua dengan
performa tinggi, Dhelvic Genesis dihadirkan dengan spesifikasi yang dimaksimalkan pada sasis, suspensi, hingga kelistrikan dan penggerak elektriknya.

BERITA TERKAIT

"Semuanya didesain dengan sketsa nol. Konsepsi menghadirkan produk ini adalah untuk menghadirkan performa yang menjadi patokan tim ini, tapi semua komponen yang digunakan pada Dhelvic Genesis didominasi buatan Indonesia,” ungkap Edwin Dhamaputra, Lead Designer, Research Head Dhelvic Genesis di pameran IMOS+ 2023, Rabu 26 Oktober 2023.

Dhelvic Genesis bergaya maxi scooter
Motor listrik Dhelvic Genesis bergaya maxi scooter diproduksi oleh sebuah startup di Surabaya dan di pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023 ini ditawarkan dengan harga Rp 60 juta on the road Jakarta.

Karena seluruh desain dilakukan tanpa memanfaatkan panduan dari produk sejenis maka
spesifikasi Dhelvic Genesis menjadi sangat berbeda dibandingkan motor listrik pada umumnya.

“Bahkan untuk dibandingkan perfromanya secara faktual dengan motor mesin konvensional di harga yang setara Dhelvic punya keunggulan pada banyak hal. Performanya yang ideal untuk aktivitas dalam kota, dan jarak tempuh yang memadai untuk sesekali turing ringan," ujarnya.

Baca juga: Suzuki Kenalkan Skutik Anyar Burgman Street 125 EX di IMOS+ 2023

"Boleh dibilang, motor listrik ini spesifiasinya high performance? Nggak ada yang ditahan tahan," ujarnya. Karena hampir semua komponen pentingnya sudah dikerjakan secara lokal, Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) motor ini sudah mencapai 70 persen.

"Jadi benar-benar dikerjakan secara inhouse. Hasilnya, spek yang kita lihat adalah mootor yang siap dipacu untuk high speed dan perjalanan jarak jauh," ungkapnya.

Baterai

Baterai menjadi kunci performa kendaraan listrik. Dhelvic Genesis memakai baterai tanam lifepo4
atau LFP khusus, dengan tegangan kerja tertinggi dari semua motor listrik lokal agar efisien sekaligus memiliki top speed dan akselerasi yang unggul.

Baca juga: Respiro Kenalkan Apparel Bikers untuk Beragam Kondisi Cuaca di IMOS+ 2023

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas