Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

FAST Pamer APAR Khusus Kendaraan Listrik, Produksi di Indonesia dan Amerika

Api dari baterai lithium dapat menyala terus-menerus selama masih ada daya yang tersimpan di dalam baterai.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in FAST Pamer APAR Khusus Kendaraan Listrik, Produksi di Indonesia dan Amerika
Lita Febriani/Tribunnews.com
Stasiun isi daya mobil listrik milik Voltron di Mall Senayan City, Jakarta 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Memakai baterai sebagai penggerak utama, kendaraan listrik juga memiliki potensi terbakar. Apalagi jika kebakaran terjadi pada sel baterai berjenis lithium-ion, ini akan sulit dipadamkan dengan media pemadam konvensional.

PT Famindo Alfa Spektrum Teknologi (FAST) selaku eksklusif distributor mengenalkan inovasi pemadam api Hartindo AF31 atau yang dikenal sebagai "Lithium Fire Killer".

Perlu diketahui bahwa api yang ditimbulkan dari baterai lithium memiliki klasifikasi khusus, dimana kekuatan daya sembur api tersebut bermain di kisaran 1.600-2.000 derajat celcius.

Baca juga: Indonesia dan Vietnam Jalin Kerja Sama Pengembangan Industri Kendaraan Listrik

Belum lagi, berbagai media pemadaman seperti jenis bubuk (powder) yang memiliki kemampuan meredam api paling tinggi di 700 derajat celcius, lalu juga air sebagai media konvensional pemadaman ditemukan tidak efektif untuk memadamkan api tersebut.

Pasalnya, api dari baterai lithium ini dapat menyala terus-menerus selama masih ada daya yang tersimpan di dalam baterai walaupun direndam dalam kolam air sekalipun.

Dalam hal ini, perlu ada perlakuan khusus untuk meredam daya lonjak suhu yang drastis dari baterai lithium ini yang dikenal sebagai "thermal runaway".

BERITA REKOMENDASI

"Hingga saat ini kami, dengan gigih secara terus menerus memperkenalkan Hartindo AF31 sebagai produk lokal yang ditemukan dan dipatenkan oleh anak bangsa Indonesia sebagai pemadam api dari baterai lithium yang paling efektif di dunia kepada para pihak yang menurut kami sangat membutuhkan," tutur Direktur Marketing PT Famindo Alfa Spektrum Teknologi Dean Zen, dalam diskusi Forwot "Proyeksi Pasar Otomotif 2024" di Jakarta Selatan, Selasa (16/1/2024).

Lithium Fire Killer Hartindo AF31 telah diuji coba di Amerika, Inggris, Kanada, Perancis, Singapura dan Malaysia. Alat Pemadam Api Ringan (APAR) ini juga berhasil mendapat sertifikasi dari berbagai negara tersebut.

Hartindo AF31 memiliki sifat pendingin yang dapat menghentikan "thermal runaway" dan mencegah penyalaan ulang dari baterai lithium yang terbakar.

Dari hasil uji coba yang dilakukan, Hartindo AF31 merupakan pemadam yang yang sangat aman untuk manusia, hewan dan lingkungan.

"Penemuan mutakhir ini kami persembahkan untuk masyarakat Indonesia dan juga dunia sebagai alat pengaman yang diperlukan untuk ekosistem kendaraan listrik, mulai dari kendaraannya sendiri berupa APAR dan juga suppression system, tempat pengisian ulang daya (charging station), hingga pengamanan pada gudang gudang penyimpanan baterai lithium," jelas Dean.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas