Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Kenali Fungsi dan Trik Memilih Klakson Agar Bunyi Mirip Mobil Eropa

Komponen yang tidak kalah penting dari mesin penggerak pada kendaraan ialah klakson. Part ini berperan penting dalam memberi keamanan

Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Kenali Fungsi dan Trik Memilih Klakson Agar Bunyi Mirip Mobil Eropa
Istimewa
Klakson menjadi komponen keamanan, sebab sebagai isyarat bagi pengguna jalan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komponen yang tidak kalah penting dari mesin penggerak pada kendaraan ialah klakson. Part ini berperan penting dalam memberi keamanan pada mobil maupun motor.

Fungsi utama dari klakson ialah memberikan tanda atau isyarat berupa bunyi kepada pengguna jalan lain hingga pejalan kaki.

Bunyi yang berasal dari klakson terjadi karena adanya getaran dalam mekanisme klakson itu sendiri. Frekuensi getaran yang pas untuk klakson antara 1800 Hz sampai dengan 3550 Hz.

Jika frekuensi bunyi klakson berada di bawah atau di atas batasan tersebut, bunyi tidak bisa didengarkan dengan baik.

Setiap pabrikan pun menyematkan bunyi klakson yang berbeda-beda, sehingga akan lebih mudah dikenali. Akan tetapi, bagi Tribunners yang menyukai gaya khas Eropa, bisa mencari opsi klakson ini.

Brand lampu dan klakson kendaraan, Autovision, mengenalkan klakson seri WildCat. Model ini merupakan Dual Tone Snail Horn terbaru untuk kendaraan 12V dan mengkonsumsi daya 72W sekaligus menghasilkan suara mencapai 115dB.

BERITA TERKAIT

Bunyi yang dihasilkan memiliki nada suara ganda (rendah dan tinggi), membuat rangkaian bunyi yang khas.

"Dengan daya masuk dan keluaran yang sama dengan seri klakson sebelumnya – Odyssey, klakson seri WildCat menghasilkan nada suara yang lebih empuk dan warna suara menyerupai layaknya mobil keluaran Eropa, seperti klakson original mobil BMW," tutur Direktur Sampurna Part Niaga (SPN) selaku pemegang resmi brand Autovision Lily Hernawan.

Sebagai informasi, bahwa Snail Horn atau klakson keong menghasilkan nada suara yang lebih rendah dan dengan tenaga suara yang lebih lantang dibanding kebanyakan disc horn atau klakson cakram.

Klakson jenis Snail Horn banyak digunakan pada mobil-mobil brand Eropa terkenal dan mobil Jepang premium.

Meski pada umumnya kebanyakan mobil yang telah beredar hanya dibekali klakson tunggal dan hanya berperan sebagai pemenuhan fungsi komunikasi antar pengguna kendaraan dan sebagai persyarat untuk berkendara.

Disinilah Autovision hadirkan Klakson WildCat yang bertujuan untuk membuat nada suara dan karakter suara klakson mobil Anda layaknya mobil keluaran Eropa.

Klakson seri Wildcat dilengkapi soket universal untuk kemudahan instalasi pada beragam jenis kendaraan 12V, selain untuk mobil klakson seri ini tentu saja memungkinkan diinstalasi pada sepeda motor yang menginginkan warna suara premium.

WildCat dipatok dengan harga sekitar Rp 120 ribu, dibuat menggunakan material plastik ABS khusus yang tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim negara tropis dan telah melewati pengetesan lebih dari 80.000 kali klakson dengan hasil menakjubkan, jauh melampaui dari persyaratan.

Untuk hasil suara yang lebih lantang serta daya pakai yang lebih lama, pada instalasi WildCat Snail Horn disarankan menggunakan relay set khusus klakson dari autovision dengan besaran relay dan kabel yang disesuaikan dengan peruntukkan High Power Dual Tone Horn.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas