Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Tips Merawat Cat Doff di Kendaraan Agar Tak Gampang Kusam

Merawat bodi mobil dan motor dengan warna doff perlu dilakukan hati-hati dan butuh perhatian lebih, seperti jangan sering terpapar sinar matahari.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Tips Merawat Cat Doff di Kendaraan Agar Tak Gampang Kusam
dok. Gridoto
Toyota Innova warna hijau doff. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selain warna glossy atau mengkilap, pabrikan kendaraan saat ini banyak menyediakan pilihan warna doff atau matte.

Untuk merawat bodi mobil dan motor dengan warna doff perlu dilakukan dengan hati-hati dan butuh perhatian lebih, seperti jangan sering terpapar sinar matahari yang berakibat pada warna yang bisa cepat memudar.

Bagaimana dalam perawatannya agar tidak mudah pudar, berikut ini beberapa tips merawat sepeda motor yang memiliki warna doff menurut Purewax.

1. Cuci Secara Teratur

Dengan mencuci sepeda motor secara teratur bisa mempertahankan warna cat bodi tetap terlihat bersih dan menghilangkan noda debu hingga aspal jalanan.

Gunakanlah sabun khusus untuk mencuci sepeda motor. Jangan gunakan sabun yang mengandung deterjen karena bisa membuat cat motor cepat terlihat kusam. Selain itu untuk selalu pastikan menggunakan sabun dengan PH yang netral.

BERITA TERKAIT

2. Gunakan Kain Pembersih yang Tepat

Setiap bagian motor yang dicuci alangkah baiknya menggunakan kain lap yang berbeda. Misalnya kain pencuci untuk bagian bagian roda dan mesin, bedakan dengan bagian bodi motor.

Hal ini bertujuan agar kotoran yang sudah menempel di lap karena membersihkan roda, tidak merusak lapisan cat bodi sepeda motor.

Baca juga: Tips Merawat Bodi Mobil Agar Tak Cepat Berkarat oleh Paparan Hujan

Kotoran halus yang tetap menempel pada lap akan menimbulkan baret dan garis-garis halus pada cat motor.

Permukaan cat doff lebih kasar dari cat metalik atau glossy sehingga dibutuhkan kain halus dan lembut agar tak membuat cat tergores atau baret. Ingat, lap bodi motor saat basah.

3. Parkir di Tempat yang Teduh

Menjadi hal yang tidak kalah penting, usahakan mencari lokasi parkir di tempat yang tidak langsung terpapar sinar matahari.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas