Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Berat Honda BeAT Terbaru Dikurangi 3 Kg, Bobot Mesin Dipangkas 400 Gram

Bukan cuma tambahan fitur baru, All New Honda BeAT Series juga menggunakan berbagai teknologi baru yang membuat beratnya berkurang

Penulis: Lita Febriani
Editor: Sanusi
zoom-in Berat Honda BeAT Terbaru Dikurangi 3 Kg, Bobot Mesin Dipangkas 400 Gram
Lita Febriani/Tribunnews.com
Astra Honda Motor memberikan pembaruan pada model All New BeAT Series di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (3/6/2024) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, CIKARANG - Astra Honda Motor (AHM) merilis Honda BeAT terbaru dengan membenamkan sistem keamanan lebih mumpuni, seperti Smart Key dan alarm anti maling.

Bukan cuma tambahan fitur baru, All New Honda BeAT Series juga menggunakan berbagai teknologi baru yang membuat beratnya berkurang hingga 3 kg.

Untuk generasi sebelumnya, berat total Honda BeAT mencapai 90 kilogram. Di tipe terbaru sekarang beratnya cuma 87 kg.

Baca juga: Honda BeAT Series Terbaru Ditargetkan Terjual 1,9 Juta Setahun

Large Project Leader All New Honda BeAT Takuro Nakamura, menjelaskan timnya melakukan berbagai pengoptimalan pada beberapa bagian mulai dari mesin hingga handle bar bagian belakang.

"Terkait dengan kenapa hanya 400 gram yang bisa diperingan, itu kami harus melakukan pendekatan juga dari sisi quality, kekuatan dan durabilitas, sehingga bisa diperingan 400 gram," tutur Nakamura saat peluncuran All New Honda BeAT Series di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (3/6/2024).

Baca juga: Honda Beat Tampilan Baru Dijual Mulai Rp 18 Jutaan, Sudah Pakai Smart Key dan Alarm Anti Maling

Selain mesin berkurang 400 gram, kick arm atau kick starter dengan berat 1 kg juga dihilangkan pada tipe Deluxe Smart Key dan BeAT Street.

BERITA TERKAIT

Honda juga mengganti handle bar bagian belakang yang tadinya menggunakan bahan Rubber Steel dengan Glass Fiber Reinforced Polypropylene, sehingga beratnya berkurang 600 gram.

"Pendekatan yang kami ambil adalah melakukan analisa terkait dengan profil yang paling optimal. Terkait dengan engine, kami mencoba untuk mereview kembali secara keseluruhan dengan menggunakan analisa CAE (Computer Alded Engineering)," imbuh Nakamura.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas