Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Cuma di GIIAS 2024, Sasis Bus Hino AK 240 Disulap Jadi Space Frame Bagasi Tembus Buat Angkut Motor

Di GIIAS 2024, Hino Indonesia membuat kejutan ke pengunjung dengan menampilkan bus Hino AK 240 dengan sasis space frame di bodi belakang.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Cuma di GIIAS 2024, Sasis Bus Hino AK 240 Disulap Jadi Space Frame Bagasi Tembus Buat Angkut Motor
Tribunnews/Choirul Arifin
Bus Hino AK 240, tipe bus mesin depan yang sasis bagian belakang dirombak jadi space frame untuk menciptakan ruang kargo sangat luas termasuk bisa digunakan mengangkut beberapa unit sepeda motor sekaligus. Bus produksi Karoseri Laksana ini dipamerkan di GIIAS 2024 di ICE BSD Tangerang, 18-28 Juli 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG  – Bus bermesin depan Hino AK 240 selama ini dikenal sebagai lini bus dengan sasis tipe ladder frame yang dijual Hino di Indonesia. 

Generasi bus ini banyak dipakai oleh pengusaha bus sebagai armada bus antarkota reguler atau bus bumel ekonomi Ac dan non-AC seperti banyak ditemukan di Pulau Jawa terutama di Jawa Timur.

Tapi di pameran otomotif GIIAS 2024, Hino Indonesia membuat kejutan ke pengunjung dengan menampilkan bus Hino AK 240 dengan bagasi tembus yang didapat dengan merancang sasis space frame di bodi belakang bus.

Sasis tipe ladder frame di sisi rear overhang (julur belakang) dipotong dan diubah menjadi tipe rangka modular.

Bus jadi memiliki bagasi super lapang dan lega untuk membawa barang bagasi bervolume besar, termasuk untuk mengangkut beberapa unit sepeda motor sekaligus dalam sekali jalan.

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) sengaja menampilkan bus dengan sasis yang sebagian diubah jadi space frame di GIIAS 2024.

Tujuannya, untuk menunjukkan fleksibilitas sasis bus Hino AK 240 sebagai tipe bus mesin depan yang bisa dirombak di karoseri untuk membawa bagasi dalam jumlah banyak.

BERITA TERKAIT

Bus Hino Bus AK 240 yang dipajang di GIIAS 2024 bodinya dibuat di Karoseri Laksana di Ungaran, Jawa Timur.

Bus tersebut milik PO Bagong, Malang, dan merupakan bagian dari pembelian 29 unit sasis Hino Bus AK 240 dari diler Hino di tahun 2024.

Susilo Darmawan, Sales Director HMSI menjelaskan, konsep rancang bangun ini mampu memberikan ruang kargo lebih luas dari versi standarnya.

Inovasi ini bisa menjadi solusi ideal bagi bisnis transportasi antar kota antar provinsi, maupun antar kota dalam provinsi, serta bus pariwisata.

Dengan ruang bagasi yang lebih besar, memungkinkan perusahaan bus untuk memuat lebih banyak barang dalam satu perjalanan baik itu perjalanan jarak jauh maupun wisata.

Dengan demikian, biaya operasional menjadi lebih rendah dan meningkatkan efisiensi bisnis.

Baca juga: HMSI Serah Terima Unit Bus Hino RM 280 ke PO Subur Jaya dan PO Efisiensi

“Hino Bus AK 240 dengan desain rangka ruang belakang space frame dapat menjadi pilihan menarik bagi PO bus karena ini kombinasi optimal antara kinerja dan efisiensi."

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas