Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Kompetisi Audio Mobil ASC 2024 Gunakan Regulasi International Berstandar IASCA

Mobil kontestan diukur dulu SPL meternya menggunakan alat ukur dengan parameter kisaran 80 dB hingga 90 dB (desibel).

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Kompetisi Audio Mobil ASC 2024 Gunakan Regulasi International Berstandar IASCA
HO
Suasana penyelenggaraan kompetisi audio mobil Amoplus Sound Competition (ASC) National Champion 2024 di Kota Semarang. 

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Penyelenggaraan kompetisi audio mobil bertajuk Amoplus Sound Competition (ASC) National Champion 2024 di Kota Semarang menggunakan regulasi internasional berstandar IASCA atau International Auto Sound Challange Association sebuah asosiasi car audio pertama dan tertua di dunia yang berbasis di Amerika Serikat dan berdiri sejak 1989.

Kompetisi ini berlangsung di Pelataran Parkir Transmart Setiabudi, Semarang, Sabtu 13 Juli 2024 dengan hadiah belasan juta rupiah di setiap kelasnya.

Kelas yang dikompetisikan mencakup kelas Sound Quality (SQ) dan kelas Sound Quality Loud (SQL) dan diikuti peserta dari berbagai daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur seperti Solo, Yogyakarta, Jepara dan Gresik serta Semarang sendiri.

Baca juga: GIIAS 2024 Sajikan Audio Khusus Mobil Listrik, Cuma Plug and Play dan Aman Digunakan

Di kompetisi kelas Sound Quality (SQ), posisi juri berdampingan di bangku depan baik kiri dan kanan dan hal ini memerlukan tuning yang tepat agar poin yang dihasilkan bisa optimal.

"Ini membutuhkan kreativitas kontestan untuk menyiapkan sistem audio mobilnya untuk mendapatkan hasil terbaik. Lagu-lagu IASCA keunggulannya ada di sektor tonal yang dominan, meskipun ada juga beberapa track lagu teknikal, ini menantang bagi peserta untuk mengotimalkan sistem racikan yang tepat dalam menaklukan regulasi yang di miliki asosiasi IASCA. “ ujar Anton dari Dreamsound, Solo, Jawa Tengah.

Bombastisnya SQL

Kompetisi di kategoriSound Quality Loud (SQL) juga tidak kalah seru. Ada dua kelas yang di pertandingkan pada gelaran ASC di Semarang kali ini yaitu SQL dua Subwoofer dan SQL Unlimited alias kelas bebas.

BERITA REKOMENDASI

Regulasi IASCA punya daya tarik sendiri dalam mekanisme penjurian di kelas ini. Pada musim kompetisi 2024 ini, ASC selaku promotor, membuka dua kelas kompetisi SQL dengan menggunakan penjurian tonal saja tanpa ada pengukuran desibel.

Hal ini bertujuan agar menjadi wadah para penghobi aliran SQL di Indonesia khususnya para pendatang baru yang ingin merasakan pengalaman berkompetisi.

Proses penjurian juga berlangsung unik, selain menggunakan dua juri dengan jarak dengar minimal 5 meter dari bemper belakang mobil.

Sebelum penjurian, mobil kontestan diukur dulu SPL meternya menggunakan alat ukur dengan parameter kisaran 80 dB hingga 90 dB (desibel),sehingga mobil kontestan mendapatkan volume yang pas ketika masuk sesi penjurian.

“Teknisnya, jumlah dB (desibel) lingkungan di tambah maksimal kisaran dB dari 80 hingga 90 dB. Jika kurang dari 80 dB volumenya di naikkan dan sebaliknya jika lebih dari 90 dB maka volumenya diturunkan," beber Sudi Hamzah, juri ASC.

Penyelenggaraan ASC 2024 mendapat dukungan para pelaku industri audio mobil seperti dari Venom Audio, Bewith, Micro Precision, Brax, Helix, Audio Circle, Performa,Diosdela Musica, MB Quart, Match, Rockford Fosgate, Morel, TPR, Zevox, Nanotec Systems, Intersys, dan lain-lain.

Kompetisi ASC 2024 akan berlanjut bulan Agustus/September 2024 nanti di kota Surabaya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas