Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

AHM Technical Skill Contest 2024 Cetak Teknisi untuk Bersaing di Kelas Dunia

Rangkaian seleksi AHM-TSC 2024 telah diselenggarakan sejak April 2024 dan melibatkan sekitar 7.500 teknisi, 2.500 service advisor lebih dari 3.700 AHA

Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in AHM Technical Skill Contest 2024 Cetak Teknisi untuk Bersaing di Kelas Dunia
Lita Febriani/Tribunnews.com
Astra Honda Motor Technical Skill Contest (AHM-TSC) 2024 yang digelar di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (23/8/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, CIKARANG - Tingkatkan kemampuan para teknisi untuk memberikan pelayanan prima kepada konsumen, PT Astra Honda Motor (AHM) menantang para teknisi, service advisor dan teknisi big bike dari seluruh Indonesia untuk berkompetisi di Astra Honda Motor Technical Skill Contest (AHM-TSC) 2024.

Rangkaian seleksi AHM-TSC 2024 telah diselenggarakan sejak April 2024 dan melibatkan sekitar 7.500 teknisi, 2.500 service advisor lebih dari 3.700 AHASS di seluruh Indonesia, serta 22 teknisi Big Bike dari 11 Big Wing yang berada di 9 kota besar di Indonesia.

Seleksi teknisi sepeda motor Honda terbaik pada level AHASS dan regional melibatkan seluruh main dealer Honda, sehingga terpilih 29 teknisi, 29 service advisor, dan 11 teknisi Big Bike terbaik di babak final yang berlangsung di Astra Honda Safety Riding and Training Center (AHSRTC), 21-23 Agustus 2024.

Baca juga: Toyota Sediakan 3.374 Unit Kendaraan Elektrifikasi untuk Olimpiade Paris 2024

President Directors AHM Susumu Mitsuishi, menyampaikan tidak mudah bagi para peserta untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi sepeda motor Honda yang terus berkembang.

"Namun, Anda semua dapat membuktikan, dengan konsistensi dan semangat tinggi. Anda tetap dapat melayani konsumen. Semoga ini menjadi motivasi kuat untuk terus menjadi teknisi yang kompeten seiring perkembangan waktu," tutur Mitsuishi dalam Awarding Astra Honda Motor Technical Skill Contest (AHM-TSC) 2024 di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (23/8/2024).

Technical Skill Contest tahun ini untuk pertama kalinya menyertakan materi sepeda motor listrik, yakni Honda EM1 e:.

BERITA TERKAIT

Dalam pengujian materi terkait sepeda motor listrik, para teknisi diuji terkait penguasaan teknologi sepeda motor listrik dan poses perawatannya.

Pengujian teknisi untuk sepeda motor lainnya pun dilakukan meliputi uji teori, analisa masalah, praktik penggunaan peralatan bengkel, proses pengukuran, bongkar pasang dan penanganan masalah pada sepeda motor.

Sementara itu, service advisor diuji dalam hal teori, teknik dan praktik dalam bentuk studi kasus atau role play yang telah ditetapkan serta sisi praktik melayani konsumen.

Selain Honda EM1 e:, selama kompetisi berlangsung, para peserta melakukan simulasi perawatan dan perbaikan sepeda motor Honda menggunakan unit CB500X dan Honda Genio.

Baca juga: Mobil Listrik Konsep eVX Pukau Komunitas Suzuki di GIIAS 2024

Pengujian dan pemilihan unit ini pun menyesuaikan dengan perkembangan teknologi sepeda motor Honda yang semakin advance dan canggih.

General Manager Technical Service Division AHM V.H. Kunsala Krishna, mengatakan kompetisi tahunan ini menjadi ajang pengukuran maupun pengujian kompetensi teknisi AHASS, Big Bike dan service advisor Honda.

"Kompetisi ini menjadi bagian dari upaya kami memberikan layanan prima terhadap konsumen, termasuk pemilik sepeda motor listrik Honda. Sejalan dengan semangat Satu Hati, kami ingin dapat menemani konsumen merawat dan memastikan kondisi terbaik pada sepeda motor Honda kesayangannya," ungkap Kunsala Krishna.

Para juara pertama dari masing-masing kategori akan bertanding dalam kejuaraan dunia teknisi bernama Asia Oceania Technician Skill Contest (AOC) 2024 pada Desember mendatang di Filipina.

Teknisi dan service advisor AHASS, serta teknisi Big Bike juara satu AHM-TSC mendapatkan masing-masing satu unit motor Honda Stylo 160 dan hadiah jutaan rupiah.

Daftar juara Astra Honda Motor Technical Skill Contest (AHM-TSC) 2024:

Juara 1

  • Technician - Riki Gustiawan - Astra Motor Palembang.
  • Big Bike Technician - I Made Wiyoga - Astra Motor Denpasar.
  • Service Advisor - Eko Purwanto - PT Mitra Pinasthika Mulia Surabaya.

Juara 2

  • Technician - Syahrul Musni - Astra Motor Makassar.
  • Big Bike Technician - Dwi Sofianto - Astra Motor Semarang.
  • Service Advisor - Tri Wahyudi - Astra Motor Semarang.

Juara 3

  • Technician - Said Muhammad Randi - PT Indako Trading Coy.
  • Big Bike Technician - Moch. Rifa'i - PT Mitra Pinasthika Mulia Surabaya.
  • Service Advisor - I Made Arya Dwi Cahya Arta - Astra Motor Denpasar.
  • Best Main Dealer Astra Motor Makassar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas