Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Pembuatan Maung MV3 yang Digunakan Paus Fransiskus, Berawal dari Ide Prabowo Subianto

Paus Fransiskus menaiki Maung MV3 saat menghadiri kegiatan Misa di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta hari ini.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Pembuatan Maung MV3 yang Digunakan Paus Fransiskus, Berawal dari Ide Prabowo Subianto
handout
Paus Fransiskus menaiki Maung MV3 saat menghadiri kegiatan Misa di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta hari ini. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Paus Fransiskus mengganti kendaraan yang digunakannya saat akan menghadiri kegiatan Misa di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, dari Kijang Innova Zenix Hybrid ke Maung MV3.

Kendaraan yang kemudian diberi nama Maung MV3 Pope Mobile tersebut dimodifikasi dengan penambahan fitur tangga lipat untuk mengakses panggung.




Ada pula kursi utama di bagian belakang kendaraan, sunroof pada kabin pengemudi, rear step untuk penjaga Paus, roof protector antisipasi hujan dan kursi belakang yang dapat dilipat untuk asisten Paus.

Tahukah Tribunners, pembuatan kendaraan taktis Maung produksi PT Pindad diinisiasi oleh Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto.

Peran Prabowo Subianto terhadap terwujudnya kendaraan taktis Maung berawal saat bertugas sebagai Menteri Pertahanan di Kabinet Indonesia Maju.

Prabowo Subianto memberikan arahan kepada Pindad mengenai ide pembuatan kendaraan taktis 4x4 yang kemudian dinamai ‘Maung’.

BERITA TERKAIT

Setelah generasi pertama Maung lahir, Prabowo Subianto mengarahkan agar disiapkan beragam inovasi dan perbaikan hingga akhirnya Pindad meluncurkan generasi ketiga (MV3) yang memiliki kelebihan dari ketangguhan body kendaraan yang dapat bermanuver di berbagai medan ekstrem.

MV3 varian Tangguh ini juga yang kemudian dimodifikasi untuk mendukung kebutuhan mobilisasi Paus Fransiskus saat Misa Akbar di Indonesia.

Baca juga: Spesifikasi Maung MV3 yang Digunakan Paus Fransiskus Saat Misa di Stadion Gelora Bung Karno

"Penugasan ini merupakan suatu kehormatan bagi PT Pindad karena produk kendaraannya dipercayai oleh Paus Fransiskus untuk mendukung kegiatan Misa Akbar di GBK," kata Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose, dalam keterangannya, Kamis (5/9/2024).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas