Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
TribunNews | PON XX Papua
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Ajak Anak untuk Menjaga Lingkungan Sejak Dini dengan Memilah Sampah

Mengajarkan anak untuk mulai memilah sampah sejak dini dapat membantu menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan bumi di masa depan.

Ajak Anak untuk Menjaga Lingkungan Sejak Dini dengan Memilah Sampah
Ilustrasi Parapuan Foto 2021-07-23 23:01:24 

Parapuan.co – Perayaan Hari Anak Nasional seringkali dilakukan dengan berbagai seremoni. Salah satunya dengan mengajarkan mereka tentang menjaga kelestarian lingkungan.

Untuk memperingati Hari Anak Nasional 2021, Waste4Change menyeleggarakan webinar bertema 'Ajak Anak Pilah Sampah, Yuk!' pada Jumat, 23 Juli 2021. 

Dalam webinar tersebut, Novrizal Tahar selaku Direktur Pengelolaan Sampah KLH RI mengatakan bahwa anak perlu diajarkan rasa tanggung jawab terkait sampah bahkan sejak dini.

“Ada dua hal yang perlu saya sampaikan. Pertama, kita harus membangun literasi baru pada anak bahwa sampah menjadi tanggung jawabku,” ujar Novrizal.

Literasi ini bertujuan agar anak memiliki kesadaran dan kepedulian akan lingkungan mereka.

Menumbuhkan tanggung jawab sejak kecil juga dapat menyadarkan anak untuk meminimalisir penggunaan sampah khususnya sampah plastik sekali pakai.

“Kemudian yang kedua, ini menyangkut budaya kultur. Jadi kita harus membangun budaya hidup minim sampah sejak dini,” tambahnya.

Pada poin kedua, terdapat beberapa upaya yang perlu dilakukan saat mengajarkan anak untuk meminimalisir sampah

Mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, berbelanja tanpa plastik, memilah sampah di rumah, dan mengajarkan anak menghabiskan makanan dapat meminimalisr sampah

Halaman
12
Sumber: Parapuan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas