Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Ibu Menyusui Perlu Mendapat Perlindungan dan Dukungan, Ini Caranya

Ibu menyusui perlu mendapat berbagai macam dukungan dan perlindungan di tempat kerja, apalagi di era pandemi seperti ini!

Ibu Menyusui Perlu Mendapat Perlindungan dan Dukungan, Ini Caranya
Ilustrasi Parapuan Foto 2021-07-28 23:00:54 

Parapuan.co – Menyusui merupakan aktivitas baru pasca ibu melahirkan yang harus dilakukan. 

Tentu semua ibu memiliki keinginan untuk terus memberi ASI pada sang buah hati. Sayangnya, waktu menyusui ibu dapat terhalang dengan beberapa aktivitas seperti bekerja.

Di masa pandemi ini, orang-orang dianjurkan untuk melakukan aktivitas mereka dari rumah, termasuk bekerja yang akhirnya muncul istilah work from home. 

Pembatasan aktivitas masyarakat dan anjuran melakukan segala aktivitas di rumah, sedikit banyak menguntungkan bagi ibu menyusui. Sebab, jika di rumah ibu bisa lebih fokus pada perawatan anak termasuk saat aktivitas menyusui harus dilakukan. 

Sayangnya, angka kasus harian covid-19 yang bisa melonjak sewaktu-waktu menimbulkan kekhawatiran terhadap risiko penularan virus Covid-19 pada ibu dan anak.

Ninik Sukotjo selaku spesialis nutrisi dari UNICEF dalam webinar yang diselenggarakan oleh Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) yang bertema “Perlindungan Menyusui Tanggung Jawab Bersama” pada Rabu (27/07/2021) menyebutkan kalau ada beberapa cara bagi ibu menyusui dan bayi untuk tetap aman dari virus Covid-19. 

“Dalam masa pandemi, perlu dipastikan bahwa semua ibu menyusui dapat terlindungi termasuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 dan dapat terus menyusui setelah vaksinasi.  Selain itu, ibu dengan Covid-19 positif juga perlu didukung untuk dapat menyusui dengan protokol kesehatan yang optimal baik untuk kesehatan ibu dan anak,” ucap Ninik. 

Tak hanya itu, perlindungan untuk ibu menyusui juga perlu dilakukan dalam tatanan masyarakat atau komunitas.

Komunitas juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan dukungan dan perlindungan pada ibu menyusui.

Halaman
12
Sumber: Parapuan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas