Tribun

Sosok Mien Uno yang Raih Gelar Doktor Honoris Causa di Usia 80 Tahun

Mengenal sosok Mien R. Uno yang meraih penghargaan doktoral kehormatan Honoris Causa pada usia 80 tahun

Sosok Mien Uno yang Raih Gelar Doktor Honoris Causa di Usia 80 Tahun
Ilustrasi Parapuan Foto 2021-10-19 20:02:14 

Parapuan.co- Rachmini Rachman atau yang akrab disapa Mien Rachman Uno merupakan salah satu pakar etiket di Indonesia yang baru saja meraih gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) bidang Kewirausahaan dari Universitas Pendidikan Indonesia pada Senin (18/10/2021).

Perempuan berusia 80 tahun ini mendapat gelar tersebut karena memiliki upaya untuk mendorong kewirausahaan di Indonesia.

“Sejak tahun 2008, Ibu Mien R. Uno terlibat dalam pendidikan kewirausahaan, khususnya untuk mahasiswa dan generasi muda. Melalui program Entrepreneur Development for Youth, beliau mengembangkan pendidikan kewirausahaan, dan telah menghasilkan lebih dari 400 wirausahawan baru yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Hingga saat ini juga sekitar 60% dari alumni program tersebut juga masih menjalankan usahanya sehingga berdampak terus bagi lingkungan di seluruh pelosok negeri,” tutur Prof. Dr. H. M. Solehuddin, M.Pd., M.A., Rektor Universitas Pendidikan Indonesia saat acara penyerahan gelar tersebut.

Baca juga: Mengenal Frugal Living, Tren Gaya Hidup Hemat dan Secukupnya

Ibunda Sandiaga Uno ini menunjukkan totalitasnya di bidang wirausaha dengan membangun Mien R. Uno Foundation pada tahun 2000.

Lewat yayasan itu, ia menyediakan berbagai pelatihan dan pembinaan wirausaha yang berkelanjutan, baik dari aspek ilmu maupun aspek integritas.

“Pemikiran, kerisauan, dan pengalaman saya berkenaan dengan etika, pengembangan karakter dan enterpreneurship, serta padu-padan komponen-komponen tersebut menjadi formulasi yang saling mendukung dalam pembentukan entrepreneur yang tangguh, yang menjadi landasan terwujudnya pribadi yang memiliki integritas, mampu berpikir mandiri, inovatif, dan sikap positif entrepreneurship lainnya yang menunjang dalam berbagai bentuk aktivitas dan interaksi,” ujar Mien melalui pidato yang ia sampaikan saat acara pemberian gelar.

“Mendapatkan gelar kehormatan akademis tertinggi seperti ini adalah anugerah yang begitu besar bagi saya. Sesuatu yang sungguh tak terduga dan merupakan apresiasi yang tak terhingga nilainya bagi saya. Hal ini tentu menjadi kebanggaan untuk saya pribadi maupun keluarga saya, karena tidak pernah sekalipun membayangkan mendapatkan gelar kehormatan akademis tertinggi seperti ini,” tambahnya.


berita POPULER
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas