Tribun

Muncul Stretch Mark di Payudara? Tak Perlu Panik, Ini 6 Penyebabnya!

Tidak perlu panik, ternyata ini 6 penyebab munculnya stretch mark di payudara. Salah satunya ialah fluktuasi berat badan.

Muncul Stretch Mark di Payudara? Tak Perlu Panik, Ini 6 Penyebabnya!
Ilustrasi Parapuan Foto 2021-10-23 22:00:42 

Parapuan.co - Apakah Kawan Puan pernah panik karena tiba-tiba menemukan ada stretch mark di payudara kamu?

Tenang saja, melansir Cleveland Clinic, dermatologis Asfa Akhtar, DO., mengatakan bahwa sebagian besar stretch mark ialah bagian dari pertumbuhan dan bisa memudar.

"Stretch mark pada payudara kamu adalah respons fisiologis normal terhadap peregangan kulit pada kebanyakan orang," terang dr. Akhtar.

Seperti yang kita ketahui, stretch mark yang baru terlihat seperti garis melengkung atau garis-garis yang berwarna merah muda, merah atau ungu.

Sedangkan, stretch mark yang lebih tua tampak berwarna lebih terang dan memudar seiring waktu, tetapi mungkin tidak akan pernah hilang sepenuhnya.

Baca Juga: Hentikan 5 Gaya Hidup Ini karena Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

Nah, menurut dr. Akhtar, berkembangnya stretch mark di payudara bisa karena berbagai alasan yang mungkin berbeda setiap orangnya.

"Dermis terletak di bawah epidermis, yang merupakan lapisan atas kulit kamu,” jelas dr. Akhtar.

Nah, dermis memiliki kerangka jaringan ikat yang mencakup kolagen, elastin, dan fibrillin. Stretch mark dapat berkembang ketika ada perubahan pada jaringan ikat itu.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas