Tribun

5 Manfaat Rutin Menggunakan Sunscreen yang Perlu Kawan Puan Tahu

Paparan sinar UV dapat memicu berbagai masalah kulit. Oleh karena itu, penggunaan sunscreen secara rutin tak boleh dilewatkan.

Penulis: Nana Triana
Editor: Wandha Nur Hidayat
zoom-in 5 Manfaat Rutin Menggunakan Sunscreen yang Perlu Kawan Puan Tahu
Sunscreen dapat melindungi kulit dari paparan sinar ultaviolet. 

Parapuan.co – Tabir surya atau sunscreen umumnya dikenal sebagai produk perawatan kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV). Menurut ahli dermatologi Claudia Christin, paparan sinar UV dapat memicu berbagai masalah kulit, mulai dari kulit terbakar (sunburn), penuaan dini, hingga kanker kulit.

Selama ini banyak orang beranggapan bahwa penggunaan sunscreen atau tabir surya hanya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Padahal, ada banyak manfaat sunscreen.

"Menggunakan sunscreen setiap hari merupakan salah satu cara efektif untuk mencegah kerusakan kulit serta penuaan dini," ujar Claudia seperti dikutip dari Kompas.com (7/9/2022).

Sebagai informasi, sinar UV terbagi menjadi dua jenis, yakni UVA dan UVB. Sinar UVA memiliki gelombang cahaya yang dapat menembus hingga lapisan kulit dalam atau dermis. Sinar tersebut diketahui menjadi penyebab penuaan dini pada kulit.

Baca Juga: Masih Malas Pakai Sunscreen? Ketahui Dampaknya Bagi Kulit Wajah

Sementara sinar UVB memiliki gelombang cahaya yang hanya dapat menembus lapisan kulit luar atau epidermis. Selain menyebabkan sunburn, sinar UVB juga menjadi pemicu munculnya noda hitam jika kulit terpapar sinar ini terlalu lama.

Itulah alasan pentingnya menggunakan sunscreen. Tidak hanya saat beraktivitas di luar ruangan, tetapi juga di dalam ruanganPasalnya, Claudia menjelaskan, sinar UVA memiliki panjang pita gelombang cahaya mencapai 280-325 nanometer (nm) sehingga mampu menembus kaca jendela dan pakaian. 

"Terutama jika kita beraktivitas di dalam ruangan dekat jendela atau di rooftop, itu tetap perlu menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit," jelas Claudia.

Penggunaan sunscreen secara rutin pun menjadi semakin penting karena produk perawatan kulit satu ini punya sederet manfaat lain yang tidak disadari sebagian orang. Berikut ini manfaat penggunaan sunscreen pada kulit wajah.

Halaman
1234
Sumber: Parapuan
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas