Tribun

Minyak Berlebih hingga Kebiasaan Memencet, Ini Penyebab Bekas Jerawat PIE

Bekas jerawat PIE yang muncul di wajah ternyata disebabkan oleh banyak hal. Menurut dokter kulit penting untuk mengenali penyebabnya.

Penulis: Citra Narada Putri
zoom-in Minyak Berlebih hingga Kebiasaan Memencet, Ini Penyebab Bekas Jerawat PIE
Penyebab bekas jerawat PIE. 

Parapuan.co - Bukan hanya jerawat saja yang bisa merusak penampilan, bekasnya yang masih tersisa di wajah kerap membuat kita jadi tidak percaya diri. 

Namun penting bagi Kawan Puan untuk memerhatikan bentuk atau ciri dari bekas jerawat yang ada di wajah. 

Pasalnya tiap jenis bekas jerawat disebabkan oleh pemicu yang berbeda-beda, dan cara penanganannya pun perlu disesuaikan.

Misalnya jika bekas jerawat yang muncul di wajah adalah kemerahan atau iritasi, maka itu masuk dalam golongan Post-Inflammatory Erythema atau biasa juga disebut PIE. 

Melansir dari PARAPUAN, PIE mengacu pada bercak merah muda atau kemerahan yang terjadi akibat trauma yang menyebabkan peradangan pada kulit.

Menurut Farhaad Riyaz, MD, dokter kulit bersertifikat, bahwa PIE sering disebabkan oleh jerawat yang meradang.

"Jerawat dengan papula dan pustula yang meradang lebih mungkin menyebabkan PIE," ujar Riyaz.

 Untuk diketahui, papula adalah benjolan merah yang meradang yang biasanya berukuran kurang dari 5 mm atau sepersepuluh inci, dengan pustula di bagian tengah berwarna putih atau kuning.

Ditambahkan juga oleh Riyaz bahwa jerawat ringan dan tidak meradang, yang meliputi komedo hitam dan putih, atau jerawat komedonal, bukanlah penyebab PIE.

Halaman
1234
Sumber: Parapuan
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas