Tribun

Gandeng Adrie Basuki, UNIQLO Tampilkan Pakaian Upcycle dari Baju Bekas

UNIQLO menggandeng desainer Adrie Basuki untuk membuat pakaian dari baju daur ulang sebagai bagian dari program RE.UNIQLO: Remake Project.

Penulis: Citra Narada Putri
zoom-in Gandeng Adrie Basuki, UNIQLO Tampilkan Pakaian Upcycle dari Baju Bekas
Desain upcycle Adrie Basuki yang menggunakan pakaian bekas UNIQLO ini bertemakan Godai.  

Parapuan.co - Dunia fashion yang berputar sangat cepat adalah salah satu industri yang memberikan sumbangsih besar terhadap kerusakan lingkungan.

Bagaimana tidak, tekstil dilaporkan jadi sumber polusi mikroplastik laut terbesar di dunia berdasarkan laporan International Union for Conservation of Nature tahun 2017.

Sedangkan riset Changing Markets Foundation pada Juni 2021 menunjukkan bahwa industri fashion bertanggung jawab atas lebih dari 20 persen polusi air di dunia. 

Memahami betul bagaimana proses produksi pakaian bisa berdampak buruk bagi lingkungan jika tidak dikelola dengan baik, mendorong UNIQLO untuk menerapkan inisiatif berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Yaitu dengan membuat program RE.UNIQLO, yang memfasilitasi siapapun yang ingin berkontribusi secara signifikan dalam menghijaukan bumi dengan memberikan kehidupan baru bagi pakaian UNIQLO yang sudah tidak terpakai.

"RE.UNIQLO: Remake Project merupakan salah satu implementasi dari program RE.UNIQLO dalam memberikan nyawa baru pada koleksi LifeWear favorit agar bisa dimanfaatkan secara jangka panjang," ujar Daniel Pieter, Marketing & E-Commerce Director PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO Indonesia), dalam acara peluncuran RE.UNIQLO (29/9/2022), seperti melansir dari PARAPUAN.

Disampaikan lagi olehnya bahwa proyek ini dilakukan guna juga mempertegas inisiatif Neighborhood Collaboration sebagai upaya serius memberikan kesempatan bagi pelaku bisnis lokal dan Usaha Kecil Mikro (UKM) dalam mengembangkan potensi dan konsep bisnis yang berkelanjutan agar bisa berkontribusi bersama untuk lingkungan.

Lebih dari itu, RE.UNIQLO sendiri dibuat dengan tujuan untuk menciptakan pakaian yang bernilai dan bisa memberi kesempatan bagi pecinta LifeWear untuk menikmati pakaiannya lebih lama.

UNIQLO mengumpulkan pakaian UNIQLO yang sudah tidak digunakan dari para pelanggan setianya melalui RE.UNIQLO box yang disediakan di toko UNIQLO di seluruh Indonesia untuk kemudian didonasikan kepada yang membutuhkan hingga didaur ulang menjadi pakaian baru.

Baca Juga: Intip Inspirasi Gaya Busana Muslim Sederhana Tapi Modis ala Artis Pakai UNIQLO

Melalui RE.UNIQLO: Remake Project ini, UNIQLO juga ingin mengajak lebih banyak orang lagi untuk menyadari pentingnya konsep keberlanjutan, termasuk dalam konsumsi pakaian.

Dalam proyek ini, UNIQLO juga menggandeng Sarinah dan Menara Astra sebagai mitra untuk mengumpulkan pakaian-pakaian UNIQLO yang tidak terpakai melalui penempatan box RE.UNIQLO.

Lebih dari itu, Menara Astra juga menyediakan salah satu area di gedungnya untuk menampilkan hasil karya daur ulang Adrie Basuki.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas