Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

LSIN: PDI Perjuangan di Puncak 'Kepedean', Sosok Mega Cukup Buat Menangkan Pileg

kader-kader muda PDIP seperti Ganjar Pranowo, Jokowi, Rieke, justru dijadikan mesin politiknya untuk merebut hati rakyat

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in LSIN: PDI Perjuangan di Puncak 'Kepedean', Sosok Mega Cukup Buat Menangkan Pileg
Istimewa
Joko Widodo dan Ganjar Pranowo 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Survei Independen Nusantara (LSIN) menganalisis soal alasan kenapa hingga kini PDI Perjuangan belum juga mengumumkan calon presiden (Capres) yang bakal mereka usung pada Pemilu mendatang.

Yasin Mohammad, Direktur Eksekutif LSIN, mengatakan PDI Perjuangan mengambil langkah yang berbeda dari Parpol lain yang cenderung menjadikan sosok Capres sebagai dagangan politiknya demi merebut simpati publik.

"PDIP mengalami tingkat ke-pede-an yang memuncak dan percaya atas kinerja kader-kader potensial di internalnya dalam memenangkan Pemilu 2014, kader-kader muda PDIP seperti Ganjar Pranowo, Jokowi, Rieke, justru dijadikan mesin politiknya untuk merebut hati rakyat, sehingga sistem kerja politik Parpol dipastikan berjalan melalui kader-kader yang ada di daerahnya untuk memastikan memenangkan Pemilu legeslatif. Bukan mengandalkan sosok Capres, kehadiran Mega sebagai anak dari "Putra Sang Fajar" dinilai sudah cukup untuk memenangkan Pileg 2014," kata Yasin Mohammad dalam siaran pers yang diterima Tribunnews.com, Sabtu (8/2/2014).

Tepatkah langkah PDI Perjuangan tersebut? Yasin menyebut beberapa pengamat politik mengklaim bahwa elektabilitas PDIP akan stagnan bahkan cenderung menururn jika tidak segera mendeklarasikan Jokowi sebagai Capres.

Ia menambahkan kebijakan yang diambil oleh PDI Perjuangan yang tidak buru-buru mendeklarasikan Jokowi sebagai Capres PDIP adalah langkah jitu. Hal ini tidak lepas dari kematangan kader-kader internal di dalamnya.

"Setiap keputusan politik PDIP senantiasa didasari oleh pertimbangan matang dan tidak sembrono, PDIP bukanlah Parpol yang mudah diiming-iming atau ditekan oleh pihak eksternal. Keputusan-keputusan PDIP seringkali diambil secara mengejutkan dan tidak terduga, strategi yang dipakai seringnya adalah injury time decision dan terbukti ampuh dengan menaruh kepercayaan tinggi pada tim kerja internal.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas