Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PKB Akan Serahkan 'Buku Hijau' Kabinet ke Jokowi

Buku Hijau membahas persoalan energi, pendidikan, pedesaan serta pertahanan dan keamanan. Termasuk wacana perampingan kabinet.

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Y Gustaman
zoom-in PKB Akan Serahkan 'Buku Hijau' Kabinet ke Jokowi
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Marwan Jafar (tengah) anggota Tim Pemenangan pasangan Capres dan Cawapres Jokowi-JK bersama Laskar Ahlussunah Wal Jamaah (Aswaja) saat acara deklarasi dukungan untuk Jokowi-JK di Jakarta Pusat, Rabu (4/6/2014). Aswaja mendukung pasangan Jokowi-JK sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2014 karena keduanya sangat peduli dengan problematika masalah kebangsaan. (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menyerahkan "Buku Hijau" kepada Joko Widodo pada Muktamar PKB di Surabaya, Jawa Timur. Ketua Fraksi PKB Marwan Jafar menuturkan buku tersebut membahas kabinet.

"Kita membahas juga mulai dari soal APBN, arsitektur kabinet, ketahanan pangan dan pertanian," kata Marwan kepada wartawan di Kantor DPP PKB, Raden Saleh, Jakarta, Minggu (24/8/2014).

Buku Hijau membahas persoalan energi, pendidikan, pedesaan serta pertahanan dan keamanan. Mengenai wacana perampingan kabinet, Marwan mengatakan pihaknya juga membahas hal tersebut dalam Buku Hijau.

"Ada opsinya seperti sekarang ada opsi perampingan, tentu ada opsinya. Opsi-opsi itu yang kita pilih sedang kita dalami. Yang penting adalah jangan sampai pemerintah yang akan datang disibukkan oleh birokrasi," ungkap Ketua DPP PKB itu.

Penyusunan Buku Hijau PKB ini melibatkan sejumlah pakar. Ahli-ahli tersebut lalu diundang dalam diskusi publik. "Ini untuk mendalami semua masalah yang dihadapi pemerintahan mendatang diberbagai bidang," jelasnya.

Marwan menegaskan Buku Hijau itu tidak dimaksudkan sebagai pesaing usulan tim transisi yang dibentuk Jokowi. "Ya enggak. Ini kerjaan PKB, tidak ada urusannya (dengan tim transisi)," ujarnya.

BERITA TERKAIT
Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas